Ini Cerita Walikota Arief Dibalik ubah Kota Tangerang dari Terkotor Menjadi Peraih Adipura Kencana

Dprd

 

TANGERANG – Cerita menarik tersaji di tengah kesibukan Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, menjalankan aktivitasnya. Di sela kegiatan menjalani Kursus Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan I Tahun 2023 yang diselenggarakan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

Ia baru saja bertemu dengan salah satu inspiratornya dalam menggaungkan kebijakan transformatif di Kota Tangerang, yakni Tan Yong Soon.

Sebelumnya, Tan Yong Soon dikenal sebagai salah satu penulis inspiratif setelah sukses menerbitkan bukunya yang berjudul “Clean, Green, and Blue: Singapore’s Journey Towards Environmental and Watel Sustainability” bersama dua rekan sejawatnya, yakni Lee Tung Jean dan Karen Tan. Berdasarkan pengakuannya, buku karangan Tan Yong Soon tersebut menjadi inspirasinya dalam mengubah wajah Kota Tangerang dari predikat “Kota Terkotor” menjadi peraih “Penghargaan Adipura Kencana” karena keberhasilannya menyelesaikan masalah kebersihan kota.

Dede pcm hut

“Buku tersebut menjadi inspirasi, DNA, atau guideline yang saya lakukan di akhir tahun 2008 silam. Di mana, Pemkot Tangerang saat itu perlahan menerapkan kebijakan program Tangerang Bersih untuk membenahi masalah kebersihan di Kota Tangerang,” ujar Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, Rabu, (8/11/2023).

Sankyu rsud mtq

Ia melanjutkan, buku karangan Tan Yong Soon tersebut menjadi inspirasi utamanya dalam meluncurkan berbagai program yang saat ini dinilai sukses mengubah Kota Tangerang.

Berbagai program tersebut, meliputi Kampung Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Kampung Tematik, Kampung Proklim, mewajibkan setiap sekolah untuk mengikuti program Adiwiyata, dan gerakan-gerakan kolektif masyarakat lainnya dalam menjaga lingkungan di Kota Tangerang.

“Melalui karya beliau, saya termotivasi melahirkan kebijakan-kebijakan yang berfokus penuh dalam menuntaskan permasalahan lingkungan di Kota Tangerang, khususnya kebersihan. Hasilnya, keberhasilan mengubah stigma kota terkotor menjadi kota bersih berhasil direalisasikan, serta ditandai dengan raihan berbagai penghargaan yang puncaknya pada Penghargaan Adipura Kencana,” tambahnya. (*/Red)

 

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien