Yuk Cobain Sauna Tradisional Gratis, Yuk Kunjungi KWT Mina Lestari Cibodas di Kota Tangerang

 

TANGERANG – Kelompok Wanita Tani (KWT) Mina Lestari RW 012, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang memiliki Herbal Tradisional Steam Therapy “Leuhang” yang merupakan sauna tradisional berbahan rempah-rempah. Fasilitas ini dapat dinikmati masyarakat sekitar secara gratis tanpa dipungut biaya.

Ketua KWT Mina Lestari Tina Maretina mengatakan, terapi Leuhang merupakan terapi pengobatan dengan memanfaatkan uap dari rebusan rempah-rempah.

Herbal Tradisional Steam Therapy “Leuhang” dibangun atas swadaya masyarakat pada 2022.

Kartini dprd serang

“Keunggulan dari KWT Mina Lestari ialah banyak memiliki tanaman obat keluarga. Berawal dari itulah kami memutuskan untuk membuat sauna terapi Leuhang karena bisa memanfaatkan tanaman herbal yang kami tanam,” terangnya, saat ditemui Senin (4/3/2024).

Ia pun mengungkapkan, Herbal Tradisional Steam Therapy “Leuhang” memanfaatkan tanaman herbal seperti serai merah, daun jeruk, daun kayu putih, jahe, daun sirsak, daun salam, daun alpukat, daun pandan wangi, daun cengkeh, serta kayu manis yang direbus selama 30 menit. Sehingga menghasilkan uap yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

“Cara kerjanya sama seperti sauna pada umumnya yang ada di salon, yakni memanfaatkan uap dari rebusan tanaman herbal. Dimana warga cukup duduk di ruangan yang disediakan selama 10 menit bahkan ada yang lebih, ini sebagai salah satu penyembuhan holistik,” ungkap Tina.

Herbal Tradisional Steam Therapy “Leuhang” biasanya dimanfaatkan masyarakat sekitar setelah selesai berolahraga di pagi hari, atau bahkan setelah selesai beraktivitas di sore hingga malam hari. Karena terapi Leuhang ini dibuka setiap hari selama 24 jam.

“Masyarakat bisa datang langsung ke KWT Mina Lestari, Jalan Mina Raya II RW 012, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, jam berapa pun kami selalu berjaga hampir 24 jam setiap harinya, atau untuk informasi lebih lengkapnya bisa kunjungi instagram kami @kwt_mina,” ujar Tina. (*/Red)

Polda