Mengutip Al-Qur’an Surat An-Nisa, FaceApp Dinilai Haram

DPRD Cilegon Idul Adha

JAKARTA – Belakangan ini ramai-ramai orang menggunakan applikasi FaceApp. Mereka kemudian mengunggah fotonya yang terlihat lebih tua ke media sosial, ditambah tagar #AgeChallenge dan #FaceAppChallenge. Aplikasi ini kian populer dan menjadi viral di seluruh dunia setelah sejumlah publik figur juga menggunakannya.

Wajar jika banyak orang mengakses FaceApp karena didorong rasa penasaran pada penampilan wajah mereka di masa tua. Setidaknya, hal ini bisa jadi sekadar hiburan dan bersenang-senang.

Akan tetapi, selain isu privasi yang menimpa FaceApp, seorang lulusan universitas Islam paling populer di Mesir, Al Azhar di Kairo, mengatakan FaceApp adalah haram (dilarang) karena mengubah ciptaan Tuhan.

DPRD Pandeglang Kurban

Seperti dikutip dari Mashable, Kamis, 18 Juli 2019, Essam Al Roubi, mengatakan pada media lokal Cairo24, “Aplikasi ini adalah jenis kegemaran yang mengarah pada konsekuensi yang tidak diinginkan.”

Kpu

Lebih lanjut lagi, Al Roubi menjelaskan bahwa apa yang terlihat di FaceApp – yakni prediksi wajah orang ketika ia tua – belum tentu akan seperti itu wujudnya.

Gerindra Banten Idul Adha

“Apakah gambar-gambar ini benar-benar menunjukkan apa yang akan terjadi pada orang? Tidak. Hanya Tuhan yang tahu itu.”

Untuk membuktikan pendapatnya, Al-Roubi merujuk pada Al Quran. Salah satu ayat yang ia klaim mendukung teorinya adalah ayat 119 dari Surat An Nisaa yang berbunyi: “… dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya.”

Ayat lain adalah ayat 70 Surat al-Israa, yang berbunyi: “Dan Kami telah sungguh-sungguh memuliakan anak-anak Adam dan membawa mereka ke darat dan laut dan menyediakan bagi mereka hal-hal baik dan memilih mereka lebih dari apa yang telah Kami ciptakan.” (*/Abadikini)

Golkar Banten Idul Adha
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien