Bahaya Instal Aplikasi Smartphone dari Pihak Ketiga yang Tidak Resmi

pcm koperasi

JAKARTA – Menginstal beragam aplikasi merupakan hal lumrah bagi pengguna smartphone. Untuk mendapatkan aplikasi yang sesuai kebutuhan, pengguna smartphone biasanya mencari aplikasi seperti di Play Store dan App Store.
Meski demikian, pengguna smartphone perlu berhati-hati dalam memilih dan menginstal aplikasi.

Sebab jika sembarangan mengunduh aplikasi bisa membahayakan ponsel dan seluruh data pribadi kamu.

Berikut bahaya instal aplikasi dari pihak ketiga di luar dari toko aplikasi resmi.

  1. Rentan Disusupi Malware
    Bahaya instal aplikasi dari pihak ketiga di luar dari toko aplikasi resmi adalah perangkat disusupi malware.
    Mengutip laman resmi AVG, aplikasi tidak resmi atau buatan pihak ketiga yang bukan dari pengembang besar berpotensi disusupi malware, spyware, trojan, dan phising.

Malware tersebut memungkinkan peretas mengendalikan perangkat serta dapat memberi akses ke kontak telepon dan email, lokasi, foto, kata sandi, hingga akun keuangan tanpa sepengetahuan kamu.

Berdasarkan laporan Lab Kaspersky, tren ancaman malware pada perangkat seluler terus meningkat. Untuk itu, cermati ketika memilih aplikasi dan unduh hanya dari toko aplikasi yang resmi untuk mencegah perangkatmu terinfeksi malware dan terhindar dari pencurian data.

  1. Ancaman Jaringan
    Aplikasi seluler pihak ketiga seringkali membahayakan keamanan jaringan dan data pengguna. Biasanya ancaman yang terjadi berupa pencurian dan mengakses jaringan yang ditargetkan.

Pengguna aplikasi akan rentan terhadap serangan man-in-the-middle atau MiTM, yakni istilah yang digunakan ketika hacker memposisikan dirinya di antara percakapan dua belah pihak.

Loading...

Misalnya kamu mengirim data dikirim ke orang lain, sementara peretas bisa mendapatkan data ketika proses pengiriman atau transmisi itu berlangsung.

Selain itu, hacker juga bisa menyebabkan kekacauan dan kemacetan di lingkungan jaringan, yang memungkinkan mereka melakukan serangan tanpa terdeteksi.

  1. Smartphone Lemot
    Bahaya instal aplikasi dari pihak ketiga di luar dari toko aplikasi resmi adalah memicu HP lemot.
BPRS CM tabungan

Aplikasi pihak ketiga yang membawa virus atau malware tak hanya berisiko mencuri data, namun juga dapat menyerang sistem operasi ponselmu secara perlahan, sebelum akhirnya smartphone menjadi lemot dan tidak nyaman digunakan.

  1. Serangan Cyber
    Bahaya instal aplikasi dari pihak ketiga selanjutnya adalah serangan cyber. Serangan tersebut biasanya meliputi eksploitasi data seluler dan aplikasi dengan akses API yang tidak aman.
  2. Muncul Iklan dan Aplikasi Tak Diinginkan
    Bahaya instal aplikasi dari pihak ketiga di luar dari toko aplikasi resmi adalah muncul iklan maupun aplikasi asing yang tak diinginkan.

Mengunduh aplikasi pihak ketiga di luar dari toko aplikasi yang resmi bisa mendatangkan serangan iklan dan aplikasi lain pada perangkat ponselmu, sehingga membuat penggunaannya jadi terganggu dan tidak nyaman.

Jika mengalami hal tersebut, segera uninstall aplikasi yang kamu curigai agar smartphone-mu tidak muncul aplikasi aneh atau pop-up iklan yang tak diinginkan.

Itulah bahaya instal aplikasi dari pihak ketiga yang perlu diketahui oleh setiap pengguna gadget supaya perangkat dan data pribadi tetap aman.

Selalu ingat untuk membaca ulasan pengguna lain, perhatikan jumlah unduhan, serta perhatikan juga informasi seputar pengembang aplikasi tersebut. (*/CNN)

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien