Beredar Promo Paket Test Corona di RSKM Cilegon Biaya Hingga Jutaan Rupiah, Kok Gak Gratis?

CILEGON – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menegaskan kalau pemeriksaan Virus Corona di rumah sakit rujukan tidak dipungut biaya alias gratis.

Sejauh ini hingga Kamis 16 April 2020, data menyebutkan kasus terkonfirmasi positif Virus Corona di Banten sebanyak 222 orang. Sebanyak 36 orang telah dinyatakan meninggal akibat virus corona, dan 27 lainnya dinyatakan sembuh.

Sementara, baru-baru ini beredar pesan Whatsapp, di mana memperlihatkan banner promo paket test virus corona (Covid-19) dengan biaya mahal hingga harga jutaan rupiah. Paket test Covid-19 tersebut ada di Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM) Cilegon.

Dikonfirmasi melalui situs web resminya, ternyata Paket Test & Medical Screening COVID-19 di rumah sakit milik BUMN Krakatau Steel itu telah dipromosikan sejak tanggal 9 April 2020 lalu.

Super User Paket Promo 09 April
Rumah Sakit Krakatau Medika menyediakan layanan Khusus Paket Test; yaitu Rapid Test dan Test PCR (Polimerase Chaint Reaction), serta Medical Screening bagi pasien atau seseorang yang dicurigai terpapar COVID-19.

Paket Test & Medical Sreening COVID-19 :
1. Rapid Test :
Paket A Rp 495.000,-
     Konsultasi oleh Dokter Umum
     Rapid Test 1
Paket B Rp 755.500,-
     Konsultasi oleh Dokter Umum
     Rapid Test 1
     Laboratorium (Pemeriksaan Darah Lengkap)
     Rontgen Thorax AP/PA
Paket C Rp 2.034.500,-
     Konsultasi oleh Dokter Umum
     Rapid Test 1
     Laboratorium (Paket Pemeriksaan Darah Lengkap)
     CT Scan Thorax

2. PCR (Polimerase Chain Reaction) Test: Rp 2.299.000,-
Konsultasi oleh Dokter Umum.
PCS Test (Swab Tenggorokan).

Banner promo yang tercantum di website https://www.krakataumedika.com/layanan-kami/paket-promo/paket-test-medical-screening-covid-19

Beredarnya promo ini juga mendapatkan tanggapan dari sejumlah pihak, terutama Netizen yang mempertanyakan kenapa Rumah Sakit milik BUMN tersebut tidak menggratiskan biaya test Covid-19 sebagai bentuk dukungan terhadap upaya penanggulangan Pandemi Covid-19 ini.

Hingga berita ini diturunkan Jumat (17/4/2020), Humas RS Krakatau Medika Cilegon belum menjawab pesan Whatsapp dan upaya konfirmasi dari wartawan terkait hal tersebut. (*/Ilung)

Honda