4 Bulan Gaji Belum Dibayar, Puluhan Karyawan PT Putera Master Sarana Penyebrangan Datangi Disnaker Cilegon

Dprd ied

CILEGON– Gaji 215 karyawan kapal Ferry dari PT Putera Master Sarana Penyebrangan tidak dibayarkan oleh perusahaan selama 4 bulan.

Mewakili karyawan lainnya, puluhan karyawan tersebut mendatangi Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon untuk mengadukan nasibnya, Selasa, (20/12/2022).

Salah seorang karyawan PT Putera Master Sarana Penyebrangan Zul Hamdi mengatakan, perusahaan beralasan tidak membayar gaji karyawannya karena tidak ada kapal beroperasi pada bulan Desember ini.

Padahal lanjut Zul, sejak bulan Januari 2022 beberapa kapal yang dimiliki perusahaan selalu beroperasi.

“Untuk saat ini kapal memang tidak beroperasi semua, tapi dari Januari ke Desember itu beroperasi meski tidak semua,” paparnya.

Zul menuturkan, dengan sebanyak 215 karyawan itu, perusahaan menunggak gaji karyawannya sebesar Rp5,2 miliar.

Dia juga mengungkapkan imbas penunggakan gaji tersebut berakibat 2 rekan kerjanya meninggal dunia lantaran tidak memiliki biaya untuk berobat dan tidak mampu membayar BPJS Kesehatan.

dprd tangsel

“Akibat gaji yang belum dibayarkan, ada 2 rekan kami yang sudah 25 tahun bekerja meninggal duni karena tidak mampu membayar BPJS kesehatan,” ujarnya.

Bahkan salah seorang isteri karyawan PT Putera Master Sarana Penyebrangan mengadu kepada Walikota Cilegon Helldy Agustian melalui media sosialnya, yang diunggah pada akun @helldy_agustian.

Sementara itu, Kabid Hubungan Industri dan Jamsostek Disnaker Cilegon Achmad Izudin menyatakan dalam hal tersebut Disnaker hanya memfasilitasi mediasi untuk mencari solusi terbaik.

Namun dalam media pertama itu tidak menghasilkan keputusan antara PT Putera Master Sarana Penyebrangan dengan karyawan. Mediasi berikutnya akan berlangsung pada Jumat (23/12/2022). Mendatang.

“Kita sifatnya hanya mediasi, kalau bisa ya diselesaikan secara aturan perusahaan, kalau tidak ada jalurnya mungkin nanti bisa ke jalur hukum,” ujarnya.

Izudin mengatakan kemungkinan besar perusahaan tidak membayar gaji karena banyak biaya besar yang harus dikeluarkan untuk perawatan kapal maupun operasionalnya.

“Mungkin perusahaan sedang memiliki permasalahan finansial, karena perusahaan sedang sangat butuh biaya perawatan kapal atau lainnya,” tandasnya. (*/Nas)

Golkat ied