6 Anak Jalanan yang Berkeliaran di Cilegon Diangkut Satpol PP, Tapi Dikembalikan Lagi ke Keluarganya

Dprd ied

CILEGON – Dalam rangka penegakan Peraturan Daerah (Perda) guna menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat serta pengguna jalan di sekitar Jalan Jenderal Sudirman, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cilegon mulai rutin melakukan razia.

Razia rutin Satpol PP Kota Cilegon ini menyasar Anak Jalanan (Anjal) yang biasa mangkal dan ditemukan di sekitar Taman Layak Anak dan Alun-alun Kota Cilegon.

Dikutip dari keterangan pers Diskominfo, Kamis (6/7/2023), pada razia rutin kali ini Pol PP berhasil mengamankan sebanyak 6 Anjal di Taman Layak Anak.

Petugas Satpol PP Kota Cilegon, Mahrurozi, yang bertugas saat itu menjelaskan, bahwa penertiban tersebut merupakan bagian dari patroli rutin yang dilakukan di beberapa titik di Kota Cilegon.

Sebanyak 6 Anjal yang diamankan ini kemudian akan diserahkan ke Dinas Sosial Kota Cilegon untuk dilakukan pembinaan.

dprd tangsel

“Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta pengguna jalan,” ujar Mahrurozi.

Sementara itu, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial pada Dinsos Cilegon, Ade Rahmat Setiana, saat ditemui di ruangannya, mengonfirmasi bahwa pihaknya telah menerima 6 Anjal yang terjaring dalam patroli rutin.

Meski mengaku melakukan pembinaan kepada Anjal, namun keenam Anjal yang sebelumnya telah diamankan Pol PP kini ternyata telah dikembalikan ke keluarganya masing-masing.

Diungkapkan Ade Setiana, dari 6 anak jalanan tersebut, 3 di antaranya berasal dari luar Kota Cilegon, yakni Anyer, Serang, dan Labuan. Sementara itu, 3 anak lainnya berasal dari Kota Cilegon, yaitu Pulomerak dan Tegalwangi.

Ade menambahkan bahwa di antara keenam anak jalanan tersebut, terdapat juga beberapa anak yang sebelumnya sudah beberapa kali terjaring dalam razia oleh petugas Satpol PP.

“Kami juga telah memberikan peringatan keras, bahwa jika anak-anak ini terjaring kembali dalam razia, mereka akan dikirim ke Panti Sosial Pamardi Putra (PSPP) Galih Pakuan di Bogor, Jawa Barat,” tegasnya. (*/Rizal)

Golkat ied