Banyak Tumbuh Liar dan Diabaikan, Ini Manfaat Pete Cina Bagi Kesehatan

Lazisku

FAKTA BANTEN – Pete Cina merupakan sejenis tumbuhan perdu (Leguminosae atau polong-polongan). Orang Sunda menyebutnya Peuteuy Selong, sedangkan orang Jawa menyebutnya Lamtoro.

Entah siapa dulu yang menaminya Pete China, namun bila melihat bentuknya yang lebih kecil dari Pete umumnya bisa jadi menjadi alasan Pete ini disebut Pete Cina.

Tanaman ini sekarang telah pertumbuhannya sudah menyebar ke berbagai bagian dunia. Di Banten sendiri tumbuhan Pete Cina banyak tumbuh sendiri disebarang tempat, baik di perkotaan maupun di perkampungan. Dikalangan para petani pohon ini sering ditanam sebagai tanaman pagar, pupuk hijau dan daunnya untuk pakan ternak kambing.

Ks

Pete Cina cocok hidup di dataran rendah sampai ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.Tidak memerlukan perawatan khusus untuk Pete Cina, karena tanaman jenis perdu kuat dan cepat pertumbuhannya.

Namun, yang perlu Anda ketahui adalah Pete Cina ini cukup menarik untuk kita ketahui manfaatnya bagi kesehatan. Dalam 100 gram biji petai cina, terdapat kandungan nutrisi dan zat gizi yang terdiri dari protein sebesar 5,7 gram, lemak 0,3 gram, karbohidrat 15,4 gram, kalsium 180 mg, fosfor 53 mg, zat besi 3 mg, vitamin A 423 IU, vitamin B1 0,08 mg, dan vitamin C15 mg.

Kpu

Dikutip dari vemale.com, dengan kandungan yang terdapat pada tanaman ini, maka petai cina ini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh antara lain :

1. Dapat Meringankan penyakit kulit psoriasis.
Petai cina dapat membantu penderita penyakit kulit psoriasis. Penyakit ini sebenarnya tidak menular tapi jika dibiarkan dapat menjalar ke seluruh tubuh dengan sangat cepat. Psioriasis ini cukup menyiksa karena berasa gatal, kemerahan, kaasar dan kering di kulit.Untuk meringankan penyakit psoriasis ini anda bisa mengambil biji petai cina atau lamtoro kemudian di haluskan dan dibubuhkan ke area yang terkena penyakit kulit psoriasis. Bisa juga dengan memakannya secara langsung.

2. Mengobati Diabetes
Petai cina bisa menjadi solusi untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga mengurangi penykit diabetes. Petai cina ini mampu menormalkan fungsi pankreas yang menghasilkan hormon insulin.Cara membuatnya, petai cina digoreng tanpa minyak dan ditumbuk halus (dibuat bubuk). Kemudian ambil 1 sendok dan diseduh dengan air panas (seperti membuat kopi), lalu diminum 1 kali sehari 1 gelas dan dilakukan secara teratur.

3. Dapat menjadi obat anti kanker
Biji petai cina bisa diekstrak untuk dijadikan sebagai penangkal radikal bebas dan mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Cara mengonsumsinya anda bisa dengan menyeduh atau memakan langsung. Petai cina enak jika dijadikan lalapan atau dimasak sebagai sayur. Jadi sangat mudah jika ingin mengambil manfaat dari Pete Cina.

4. Mampu Membunuh Cacing.
Cacingan yang terjadi pada orang dewasa atau anak-anak bisa diatas dengan menggunakan petai cina. Anda cukup makan petai cina maka akan dapat membunuh cacing. Hal ini dikarenakan petai cina mengandung senyawa yang dapat membunuh cacing. Bahkan pengobatan cina yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia, menggunakan petai cina ini untuk mengeluarkan cacing gelang dan cacing cincin.

5. Menjaga kesehatan kulit
Daun petai cina juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Bagi wanita tentu saja ini sangat cocok, karena untuk mendapatkan daun petai cina ini cukup mudah. Daun petai cina ini mengandung enzim alami yang dapat memicu pembentukan kolagen di dalam sel-sel kulit sehingga anda akan terhindar dari kulit kusam, kering, dan keriput. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan ekstrak daun petai cina untuk toner kulit yang fungsinya untuk mengurangi kulit berminyak, serta melembabkan dan menutrisi kulit. (*/Ilung)

DPRD Banten LH
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien