Baru Setahun Bertugas, Danlanal Banten Diganti

Gerindra Nizar

CILEGON – Upacara Pergantian Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Banten Kolonel Laut (P) Dadang Somantri kepada Letkol Laut (P) Rudy Haryanto dilaksanakan hari Sabtu tanggal 18 Februari 2017 di Pelabuhan Peti Kemas Indah Kiat, Merak.

Fraksi

Bertindak sebagai inspektur upacara Brigjen TNI I Ketut Suhardana dari DANLANTAMAL III Jakarta.

Upacara pergantian sendiri turut dihadiri oleh beberapa instansi dari KSOP, Karantina, ASDP Merak, Bea Cukai, Pol Air Banten, unsur kepolisian, Pramuka dan juga tamu dari instansi Pemprov Banten serta Pemerintah Kota Cilegon.

Masa tugas Kolonel Laut ( P ) Dadang Somantri di Banten sebenarnya baru satu tahun terhitung sejak 16 Januari 2016 saat Sertijab dari Danlanal Banten sebelumnya Kolonel Laut (P) Judijanto.

Kolonel Laut (P) Dadang Somantri sebelumnya sempat menjabat Kepala Subdin Administrasi Personil Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal).

Komandan Upacara I Ketut Suhardana, saat itu menyampaikan semangat tekad bahwa semua personil Lanal Banten harus terus meningkatkan Pengawasan perairan Banten yang begitu luas.

Selain itu Brigjen Ketut juga menambahkan agar dengan pergantian ini semua bekerja dengan tugas masing masing dan bersinergi dengan instansi lain.

“Kita semua harus bersinergi dengan semua SKPD tekait untuk menertibkan dan meningkatkan keamanan wilayah perairan Propinsi Banten yang begitu luas,” ungkap I Ketut dalam sambutannya.

Sebelum acara upacara pergantian di Indah Kiat ini, sebelumnya sudah dilaksanakan acara serah terima jabatan (Sertijab) pada Jum’at malam 17 Februari 2017 yang digelar di Hotel Sari Kuring Indah Cilegon, yang juga dihadiri oleh para pejabat SKPD Provinsi, SKPD Kota Cilegon dan beberapa pejabat dari KSOP, Bea Cukai, Pol Air Banten dan Badan Karantina Pertanian Kelas II Cilegon.

Acara Sertijab yang dilaksanakan di Hotel Sari Kuring begitu hikmat, dimana Kolonel Laut Dadang Soemantri memberikan sambutan dan ucapan selamat datang kepada Letkol Laut Rudy Haryanto dan memberikan pesan dan semagat agar menjaga keamanan di wilayah di perairan laut Banten.

“Saya berharap agar Letkol Laut Rudy Haryanto mampu meneruskan tanggung jawab kita semua untuk membantu mengamankan wilayah perairan Provinsi Banten dengan semaksimal mungkin dan mampu membimbing anggota kita agar lebih bertanggung jawab dalam segi pengamanannya,” ujarnya. (*)

Gerindra kuswandi