Buat Terobosan, Urus Administrasi Kependudukan Kini Bisa di Taman Layak Anak Cilegon

 

CILEGON – Dalam rangka Peningkatan Penerbitan Dokumen Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS) Kota Cilegon menggelar acara Launching Pelayanan Langsung Administrasi Kependudukan yang bertempat di Taman Layak Anak Kota Cilegon, Kamis (19/05/2022).

Peresmian tersebut dilakukan secara langsung oleh Walikota Cilegon, Helldy Agustian yang didampingi Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Maman Mauludin dan Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kota Cilegon, Hayati Nufus.

Helldy dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kreatifitas DKCS Kota Cilegon dalam memberikan pelayanan kependudukan untuk masyarakat Cilegon.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada dukcapil (DKCS) kota Cilegon atas kreatifitas dan inovasi yang telah diberikan untuk meningkatkan layanan kependudukan di Kota Cilegon ini,” ucapnya.

“Ini merupakan ide baru, kreasi baru dan kreatifitas baru yang diluncurkan oleh Dukcapil kota Cilegon, apalagi dengan memanfaatkan Taman Layak Anak ini sebagai lokasi untuk pelayanannya, tetapi saya minta nanti ke depannya lokasi untuk pelayanan ini agar dibuat senyaman mungkin agar supaya masyarakat yang mengurus data kependudukan merasa nyaman berada di tempat terbuka ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Helldy mengatakan bahwa kesadaran masyarakat Cilegon untuk memenuhi dokumen Kependudukan telah meningkat.

“Antrian secara online dalam mengurus dokumen kependudukan sudah sangat panjang, artinya kesadaran masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan sudah mulai meningkat, oleh sebab itu kita harus mempersiapkan agar supaya tidak ada lagi antrian yang panjang untuk mengurus data kependudukan ini,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Helldy menginginkan pelayanan kependudukan ini dapat berjalan setiap hari meskipun di hari libur nasional.

Ks nu

“Saya ingin pelayanan langsung ini dapat dibuka setiap hari meskipun di hari minggu ataupun libur nasional, dan untuk weekend dan libur nasional nanti ditempatkan di tempat yang ramai saja jadi pelayanan langsung ini dapat berjalan secara powerfull tidak ada liburnya dimana hal ini sebagai bentuk pengabdian kita kepada masyarakat Cilegon,” tuturnya.

Di akhir sambutannya, Helldy mengatakan bahwa dokumen kependudukan sangat penting untuk dimiliki setiap warga negara.

“Dokumen kependudukan ini sangat penting untuk dimiliki setiap masyarakat, mulai dari KTP, KK dan dokumen lainnya, oleh karena itu saya sangat mendukung adanya ide kreatif yang diluncurkan Dukcapil ini meskipun masih banyak kekurangan nya semoga nanti ke depan bisa lebih dimaksimalkan lagi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Cilegon, Hayati Nufus dalam laporannya mengatakan bahwa Taman Layak Anak merupakan tempat yang strategis untuk lokasi Pelayanan Langsung Administrasi Kependudukan di Kota Cilegon.

“Dalam pelayanan online antriannya bisa mencapai kurang lebih 100 per hari, oleh karena itu untuk memecahkan masalah antrian tersebut kami membuka pelayanan langsung Administrasi Kependudukan yang berlokasi di Taman Layak Anak,” ujarnya.

“Dimana kami memilih Taman Layak Anak sebagai lokasi dikarenakan tempatnya yang strategis, berhadapan langsung dengan polres dan pemkot dimana di Polres terdapat pelayanan SIM keliling jadi nanti bagi masyarakat yang sedang mengurus SIM jika diperlukan dokumen penduduk tidak perlu membutuhkan waktu yang lama lagi bisa langsung mengurusnya di mobil pelayanan ini,” sambungnya.

Nufus mengungkapkan akan melakukan evaluasi terkait dengan pelayanan dokumen kependudukan di hari libur.

“Jika memang diperlukan nanti kita juga akan membuka pelayanan di hari weekend ataupun libur nasional dan untuk tempatnya mungkin nanti akan di CFD ataupun Mall – Mall yang ada di Kota Cilegon ini,” pungkasnya.

Sebagai informasi, untuk saat ini jadwal pelayanan kependudukan dibuka di hari kerja mulai dari senin sampai dengan jumat jam 10:00 sampai dengan 14:00 WIB yang berlokasi di Taman Layak Anak Kota Cilegon. (*/Red)

Cibeber nu