Dewan Koperasi di Cilegon Resmi Dilantik, Helldy Optimis Naikkan PAD dari UMKM

CILEGON – Pengurus Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Cilegon periode 2021-2025 resmi dilantik oleh Walikota Cilegon disalah satu Hotel di Cilegon pada Senin (18/10/2021).

Walikota Cilegon mengharapakan pengurus koperasi dapat melakukan pembenahan pendataan jumlah koperasi yang ada di Cilegon dan meminta agar meningkatkan peran dan fungsinya untuk kesejahteraan anggota.

Dapat diketahui dari jumlah 590 koperasi yang terdaftar, hanya ada 200 koperasi yang dinyatakan aktif, melalui pendataan itulah nantinya akan mendapatkan data sesuai dengan kebutuhan yang akan disalurkan oleh pemerintah.

“Dikondisi saat ini koperasi harus melakukan transformasi digital, mengikuti perkembangan teknologi, khawatir kita tertinggal,” kata Helldy usai melantik pengurus Dekopinda.

“Harapannya ada sesuatu yang berbeda dari pengurus baru, jangan yang kita lakukan gitu gitu aja pendekatannya, akurasi hal koperasinya harus terdata dengan baik, sehingga kita bisa menentukan didukungnya darimana,” imbuhnya

Helldy berharap koperasi dapat meningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan mengahadirkan UMKM di setiap Hotel di Cilegon.

Ketua Dekopinda Setyo Purnomo menuturkan pihaknya akan melakukan langkah awal penataan kepengurusan dan pendataan koperasi yang diinginkan oleh Walikota Cilegon, agar ke depan dapat mengetahui kebutuhannya.

“Kita sambut baik harapan dari Walikota, dan akan mengupayakan pelayanan dari manual ke digital, ke depan kita akan evaluasi kepengurusan,” katanya.

Setyo juga mengatakan ke depan akan terus mengedukasi koperasi koperasi yang ada di Cilegon, karena menurutnya itu adalah langkah awal di kepengurusannya yang baru.

“Ke depan peranan Dekopinda kita agar lebih manfaat, target utamanya mengedukasi pengurus dan anggota Koperasi di Kota Cilegon,” pungkasnya (*/Ihsan)