Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Cilegon Gagas Destinasi Wisata dengan Literasi Digital 

 

CILEGON – Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Cilegon mengadakan acara dengan tema “Refleksi Cipta, Rasa, Karsa dalam Membangun Kreatifitas Literasi Di Era Millenial” yang bertempat di halaman DPRD Kota Cilegon, Selasa, (30/11/2021).

Dalam rangka sosialisasi gemar baca literasi dan dirangkai juga dengan penyerahan piala dan hadiah bagi para juara lomba menulis pendek “Andai Aku Jadi Walikota” tingkat Kota Cilegon Tahun 2021.

H dayat kadin

“Ini sedang saya tata ke depan, bahwa yang namanya Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah itu bukan hanya mengurusi arsip, bukan hanya ngurusin buku, dan kebetulan setelah saya baca tukpoksinya Kota Cilegon juga tidak mengurusi kepurbakalaan, yang ngurusin Provinsi,” ujar Ismatullah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Cilegon.

Dalam sambutannya Ia juga memaparkan beberapa rencana kegiatan yang akan dilakukan DPAD Cilegon.

Tabib baru

“Dan saya sedang mencoba hari ini akan berbicara tentang bagaimana destinasi wisata, dari literasi Kota Cilegon ini. Akan saya kemas menjadi kegiatan juga, yang akan kita tawarkan menjadi bahan pemikiran inovasi bagi Cilegon. Karena saya menganggap bahwa destinasi wisata selama ini hanya objek pantai, objek gunung. Nah akan kita buat coba wilayah tertentu kita akan buat inventaris, misalkan di Palas ada produk apa, kita akan buat inventaris data itu setiap bulan di setiap kelurahan tapi bekerja sama dengan beliau beliau,” jelasnya.

Lebih lanjut Ismatullah menjelaskan bagaimana seharusnya literasi dapat di masukkan ke dalam destinasi.

“Nanti kita akan coba kerjasama dengan travel. Bahwa ingin mengunjungi Taman Baru ada produk apa di sana. Saya berfikir dan mimpi saja bahwa destinasi wisata dasar dari literasi. Kita akan coba cetak bila perlu akan kita tempel, kita sampaikan di Soekarno Hatta di bandara bandara di Bandung misalkan. Ini akan menjadi bahan informasi bahwa untuk masuk Cilegon ada tujuan yang mereka cari dan ke depan ini akan kita komunikasikan,” tambahnya.

Tidak hanya destinasi yang akan dicanangkan oleh DPAD Kota Cilegon, tetapi juga akan ada literasi digital.

“Ke depan kita akan membentuk literasi literasi digital yang sementara hanya ada di RSUD juga ada di Alun Alun hanya mati suri saja kondisinya. Maka ke depan akan kita buat bernyawa. Dan saya tau betul bahwa Bappeda itu ada 520 titik yang menggunakan Wifi. Maka Wifi nya akan kita manfaatkan untuk literasi literasi masyarakat Kota Cilegon,” tutupnya. (*/Fadila)

Royal Januari baru