Gulirkan Program-Program Unggulan, Wujud Janji Politik Helldy-Sanuji Untuk Masyarakat Cilegon

Gerindra Nizar

 

CILEGON – Walikota Cilegon Helldy Agustian dan Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta terus berupaya menunaikan janji kampanyenya.

Sejumlah inovasi dilakukan Helldy-Sanuji melalui program-programnya guna mewujudkan Cilegon Baru, Modern dan Martabat.

Fraksi serang

Helldy-Sanuji berhasil menunaikan janji politiknya secara bertahap seperti beasiswa full sarjana, ruang terbuka publik (RTP) atau 43 alun-alun kelurahan, Rp 1 juta per bulan untuk honor ketua RT dan RW, kenaikan honor guru madrasah, memberikan dana stimulan Rp 10 juta per tahun untuk dewan kemakmuran masjid (DKM) dan Rp 11 juta per tahun untuk dana lingkungan RW, serta kenaikan tunjangan kinerja daerah bagi aparatur sipil negara (ASN).

Selain itu, program unggulan lainnya berupa mendirikan beberapa Sekolah Menengah Pertama (SMP), bekerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk pemanfaatan Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung, dalam mengurangi sampah melalui pembangunan pabrik bahan bakar pendamping batu bara.

Walikota Cilegon mengatakan, berbagai program Pemerintah Kota Cilegon sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, seperti pemberian bantuan modal usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebesar Rp 1 juta tanpa bunga dan program beasiswa full sarjana.

“Program pengurangan pengangguran, beasiswa, serta bantuan modal untuk UMKM sudah berjalan. Selain itu, kami juga sudah melakukan inovasi serta pemberian dana stimulan DKM, memberikan honor guru, serta pemberian honor untuk ketua RT dan RW,” kata Helldy dalam jumpa pers yang diterima, Jumat (2/12/2022).

Fraksi

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Cilegon Ridwan mengatakan selama 2022, pihaknya melakukan pembebasan lahan serta pembangunan fisik.

Ridwan mengaku proses pembangunan sudah dilaksanakan secara bertahap hingg tahun 2026 nanti

Ridwan menjelaskan, bahwa total anggaran untuk pengadaan lahan RTP mencapai Rp24 miliar.

Meski demikian, beberapa lahan untuk pembangunan RTP merupakan tanah bengkok sehingga anggaran dapat berkurang.

“Selama 2022, kami akan membangun dua RTP, yakni RTP Kelurahan Sukmajaya dan Kelurahan Tegal Bunder. Saat ini, pembangunan fisik dua RTP itu sudah mulai dilakukan karena lahannya merupakan aset pemerintah,” ujar Ridwan.

Sementara itu, terkait program dana stimulan untuk DKM, Kepala Kesra Setda Kota Cilegon Rahmatullah menyampaikan, dana sebesar Rp.20 juta sudah tersalurkan ke 84 DKM.

Rahmatullah mengatakan program tersebut baru dilaksanakan pada tahun 2022 ini, dana bisa diberikan kepada DKM yang mengajukan hibah melalui laman ehibahbansosmandiri.cilegon.go.id serta memenuhi persyaratan administrasi.

“Masjid yang menerima dana hibah pada tahun ini tidak bisa menerima bantuan serupa pada tahun depan. Harus ada jeda. Berarti, mereka baru bisa menerima dana hibah (lagi) pada 2024,” tandasnya. (*/Nas)

Gerindra kuswandi