Ikuti Arahan Jayabaya, Pengusaha Cilegon Alihkan Dukungan ke Jokowi-Ma’ruf

Gerindra Nizar

CILEGON – Puluhan pengusaha yang tergabung dalam wadah Gabungan Pengusaha Cilegon (GPC) yang sebelumnya diketahui mendukung Paslon Capres-Cawapres Prabowo-Sandiaga, kini ternyata berbalik mendukung Paslon Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Hal itu terungkap saat puluhan pengusaha tersebut melakukan Deklarasi Dukungan untuk Capres 01 di Rumah Makan Bebek Hejo Madison, di kawasan JLS Cilegon. Selasa (9/4/2019) malam.

“Mulai hari ini kami Gabungan Pengusaha Cilegon mendeklarasikan dukungan untuk memenangkan Bapak Ir Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin di Pemilu 2019,” tegas Ketua GPC Abah Salim, kepada awak media usai acara.

Fraksi serang

Pengusaha asal Ciwandan tersebut juga menjelaskan alasan merubah dukungannya secara drastis, yakni diakuinya setelah mendengar nasihat dan arahan dari salah satu tokoh Banten yang juga mantan Bupati Lebak. Sebelumnya para pengusaha Cilegon bersilaturahmi ke kediaman Jayabaya pada Senin (8/4/2019) kemarin.

“Kami sadar setelah sowan ke Pak Mulyadi Jayabaya, menurut beliau pengusaha Cilegon harus bersatu dan kompak dalam mengawal pembangunan. Salah satunya ya dengan mendukung Pak Jokowi untuk melanjutkan pembangunan dalam dua periode. Dan wakilnya Pak Jokowi wong Banten, jadi kata beliau wong Banten harus pilih wong Banten,” jelas Abah Salim.

Abah Salim menegaskan bahwa dukungan pengusaha ini akan melahirkan gerakan nyata untuk kemenangan Jokowi-Ma’ruf di Cilegon.

“Setelah deklarasi ini kami sudah berkonsolidasi dengan lima ratus lebih pengusaha Cilegon yang aktif di GPC, kita sepakat harus kompak dan bersatu membangun Cilegon kedepan. Sebagian sudah membuat posko-posko kemenangan Paslon 01, saat ini posko utama ada di Jalan Lembang Raya,” imbuhnya.

Fraksi

Abah Salim juga berharap Jokowi-Ma’ruf Amin bisa meraih kemenangan di Kota Cilegon dengan merubah peta politik di kota industri tersebut yang dikenal sebagai wilayah basis Paslon 02.

“Dari ratusan pengusaha di GPC juga akan menginstruksikan para karyawannya untuk mendukung Pak Jokowi, bayangkan saja, mungkin ini bisa merubah peta politik di Cilegon. Target kami 60 persen untuk kemenangan 01,” harapnya.

Alasan beralihnya dukungan dari Paslon 02 ke Paslon 01 karena pengaruh sosok Mulayadi Jayabaya juga ditegaskan oleh Sekretaris GPC, Muhammad Zaenal Arifin. Dia mengaku sangat terharu dengan petuah-petuah tokoh kharismatik Banten tersebut.

“Pak Jayabaya itu sosok yang luar biasa berkarisma dan layak diikuti. Karena pada Pilpres ini beliau mendukung Pak Jokowi, maka kami mendeklarasikan untuk ikut mendukung,” tegas Zaenal.

Dia juga mengakui bahwa para pengusaha Cilegon mengikuti langkah Jayabaya, karena membutuhkan sosok orang tua yang bisa mengayomi dan memotivasi para pengusaha lokal. Terlebih Jayabaya merupakan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Banten.

“Selama ini kan kami di Cilegon kehilangan tokoh Almarhum Tb Aat Syafaat, dengan kondisi tidak kompaknya pengusaha di Cilegon beberapa waktu belakangan ini, makanya kami putuskan untuk sowan ke Pak Jayabaya. Masukan-masukan dari beliau sangat bagus dan kami terima untuk kekompakan pengusaha dan pembangunan Cilegon,” pungkasnya.

Diketahui sejumlah pentolan pengusaha Kota Cilegon yang sebelumnya merupakan relawan Prabowo-Sandi dan hadir pada deklarasi tersebut, diantaranya Haji Hamid sebagai Ketua Kornas Prabowo-Sandi, Haji Achyadi Sanusi, Haji Muhlis, dan juga Samlawi Baralawe yang saat ini tercatat sebagai Caleg DPRD Cilegon dari Partai Amanat Nasional (PAN). (*/Ilung)

[socialpoll id=”2521136″]

Gerindra kuswandi