Kpu

Pelabuhan Ciwandan Akan Bantu Kurangi Penumpukan Pemudik Yang Hendak Ke Sumatera

 

CILEGON – Pemerintah telah melakukan persiapan menjelang lebaran tahun 2023, dalam rangka kesiapan Operasi Ketupat 2023, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri bersama stakeholder kembali melakukan survei jalur mudik di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan, Banten, Senin (6/3/2023).

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi mengungkapkan, Pelabuhan Pelindo Regional II Banten nantinya akan ikut membantu mengurangi beban penumpukan pemudik yang hendak berangkat ke Sumatera. Sehingga tidak menumpuk di Pelabuhan Merak.

“(Pelabuhan) Ciwandan itu akan membuat daya tampung perjalanan dari Banten ke Sumatera akan meningkat dari sebelumnya,” kata Firman kepada awak media di Pelabuhan Merak.

Advertorial

Advertorial

Irjen Firman beserta rombongan sempat meninjau rest area 43 A arah Merak, rest area 68 A arah Merak, kemudian survey di Pelabuhan Pelindo II Ciwandan, lalu mengecek jalur di KM 97 arah Merak.

“Semaksimal mungkin personel bekerjasama dengan instansi terkait untuk meminimalisir penumpukan kendaraan didalam rest area agar tidak menimbulkan kemacetan di jalan tol efek dari penumpukan kendaraan di rest area tersebut,” ucap Firman.

Irjen Firman menyatakan, diprediksi pemudik tahun 2023 ini diproyeksi ada pergerakan 123 juta kendaraan yang bergerak menuju pulau Sumatera dan daerah lainnya.

“Saya harap dengan adanya peninjauan ini, Polri beserta instansi terkait dapat memberikan pelayanan serta dapat menyediakan fasilitas-fasilitas dengan maksimal sehingga masyarakat dapat melaksanakan mudik dengan nyaman dan aman,” pungkasnya. (*/Nas)