Peringati Harkitnas, Helldy Ajak Masyarakat Tak Hanya jadi Follower tapi Pemain Industri Teknologi

Lazisku

 

CILEGON – Pemkot Cilegon menggelar upacara bendera peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang dirangkai dengan Hari Meterologi Dunia, di Halaman Kantor Wali Kota Cilegon, Senin, 20 Mei 2024.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian yang menjadi pemimpin upacara menekankan pentingnya peran Indonesia dalam menghadapi kemajuan industri teknologi informasi yang pesat.

Ks

Oleh karenanya, ia mengajak masyarakat agar tidak hanya menjadi pengikut atau follower dalam perkembangan teknologi, melainkan harus menjadi pemain utama untuk mencapai kemajuan global.

“Realitas yang kita hadapi saat ini adalah kemajuan teknologi yang melesat cepat. Kita harus memilih bukan hanya untuk ikut serta, tetapi menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia,” ujar Helldy.

Helldy menekankan bahwa dua dekade ke depan adalah periode krusial yang akan sangat menentukan langkah Indonesia dalam meraih cita-cita tersebut.

Ia menyatakan bahwa langkah ini dapat dilakukan dengan mengacu pada gagasan awal tentang pembentukan dan pembangunan Indonesia.

Kpu

Menurut Helldy, sejarah bukan hanya sebagai sensasi politik atau sumber keteladanan nilai semata, melainkan sebagai langkah berkelanjutan untuk memperoleh kemajuan, kemanusiaan, dan kesejahteraan.

“Keteladanan tidak harus diikatkan pada masa lalu, namun dapat dikaitkan dengan masa depan, yaitu pada ide-ide yang membuka ruang imajinasi peradaban,” tambahnya.

Helldy juga mengingatkan sejarah berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908 yang menjadi simbol Hari Kebangkitan Nasional.

Organisasi yang didirikan oleh sejumlah dokter dan calon dokter di Batavia itu menjadi motor penggerak gerakan kemerdekaan di tanah Hindia Belanda.

“Boedi Oetomo menjadi awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal, seperti pentingnya pendidikan Barat bagi rakyat Hindia Belanda serta penyebaran pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang priayi atau bukan,” ungkapnya.

Pada moment tersebut, Helldy berharap kepada seluruh masyarakat Kota Cilegon agar dapat terus belajar dari sejarah dan menjadikannya sebagai landasan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik yaitu melalui pemanfaatan teknologi dan inovasi.

“Kita harus bisa manfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin dan inovasi juga harus kita tingkatkan, oleh karenanya saya imbau kepada seluruh ASN dan OPD agar dapat terus berinovasi dan berkarya,” pungkasnya. (*/Red)

 

DPRD Banten LH
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien