Puluhan Warga Ciwandan Datangi Pabrik Kimia PT Indorama

CILEGON – Puluhan warga Lingkungan Rombongan, Kelurahan Kepuh, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, berbondong-bondong mengunjungi dan masuk ke dalam kawasan pabrik kimia PT Indorama Ventures Indonesia, Kamis siang, 28 Maret 2024.

Puluhan warga ini masuk dan berkeliling menggunakan bus untuk melihat-lihat area di dalam pabrik yang berlokasi di Ciwandan itu.

Kegiatan plan tour pabrik yang melibatkan warga setempat ini, menurut General Affair PT Indorama, Haji Malim Hander Joni, bertujuan untuk menyosialisasikan kegiatan operasional pabrik dan mengenalkan fasilitas mesin-mesin produksi di dalam pabrik.

Kunjungan warga ke pabrik PT Indorama ini bukan yang pertama tentunya.

Dijelaskan juga oleh Haji Joni, bahwa selama pabrik Indorama beroperasi, kegiatan pengenalan pabrik merupakan bagian dari kepedulian perusahaan dalam membangun kedekatan dengan masyarakat dan pemahaman yang baik tentang industri.

“Membawa masyarakat untuk melihat pabrik kita dengan menggunakan bus. Dan itu saya pikir tanggungjawab industri untuk mengenalkan industri yang ada di lingkungannya, seperti kata orang tak kenal maka sayang,” ujar Haji Joni, Kamis (28/3/2024).

“Kami berharap dengan berkunjung ke dalam pabrik kita, mereka akan tahu sebenarnya bagaimana pabrik kita beroperasi. Dengan sosialisasi ini hubungan kita semakin dekat, ada saling pengertian,” imbuhnya.

Selain pengenalan fasilitas dan operasional pabrik, di momen bulan Ramadhan secara rutin PT Indorama juga membagikan paket sembako kepada semua keluarga di Link Rombongan yang tinggal berdekatan dengan pabrik.

Kali ini, sebanyak 250 paket sembako disalurkan melalui RT setempat. Termasuk juga pemberian santunan untuk anak yatim di lingkungan tersebut.

Haji Joni juga menambahkan, masih ada lagi bentuk kepedulian lainnya yang rutin dilakukan PT Indorama di bulan Ramadhan, yakni kegiatan rehabilitasi infrastruktur fisik di lingkungan sekitar pabrik dengan sistem padat karya yang melibatkan warga setempat.

“Ini adalah yang terakhir, hari terakhir kita untuk kegiatan Ramadan ini yang berisikan kegiatan padat karya seperti biasa untuk masyarakat. Padat karya untuk tahun ini kita mengganti gorong-gorong yang selama ini membuat banjir. Kita tahu walaupun banjir kemaren tidak menggenangi pabrik, tapi menggenangi warga, nah itu juga menjadi perhatian kita,” jelas Haji Joni.

Kartini dprd serang
Lurah Kepuh turut hadir dan secara simbolis menyerahkan uang santunan dari PT Indorama kepada sejumlah anak yatim / Dok

Di lain pihak, Ketua RT Lingkungan Rombongan, Marhumin, mengakui bahwa warganya cukup senang atas kegiatan pengenalan plan pabrik PT Indorama ini.

Marhumin menyatakan bahwa warganya memiliki penilaian positif terhadap keberadaan industri, dan selama ini memahami bagaimana konsekuensi ketika memilih tinggal di dekat pabrik tersebut.

“Alhamdullilah warga semangat untuk lebih tahu terhadap apa saja isi di dalam pabrik itu. Saat berkeliling dengan bus, dari Humas PT Indorama juga memaparkan gambaran satu per satu plan-plan yang ada di lingkungan pabrik,” ujar RT Marhumin.

Ketua RT juga menyebut bahwa PT Indorama merupakan industri yang peduli dan sangat responsif, sehingga hubungan antara warga dan industri selama ini berjalan dengan baik.

“Ini yang harus kita jaga untuk kedepannya dan mudah-mudahan perusahaan sendiri jadi lebih memperhatikan kembali baik itu menyerap tenaga kerja ataupun pemberian-pemberian bantuan-bantuan kepada masyarakat agar lebih meningkat,” harap Pak RT.

Warga setempat juga mengakui bahwa mereka selama ini merasa aman dan tetap tenang meski tinggal berdekatan dengan pabrik kimia tersebut.

“Kita sudah menerima segala konsekuensinya, karena dampak dari industri itu sudah sangat jelas pasti ada, tapi kita ambil positifnya saja,” tandas RT.

Untuk diketahui, pada Rabu 22 Maret 2024 sebelumnya, PT Indorama juga menggelar silaturahmi dan buka puasa bersama dengan para tokoh masyarakat dan pengurus DKM di kantor Kelurahan Kepuh.

Acara turut dihadiri Ketua DPRD Cilegon Isro Mi’raj dan Camat Ciwandan Agus Ariyadi.

Pada momen tersebut dilakukan juga sosialisasi dan pengenalan plan pabrik kimia Indorama kepada yang hadir. Sekaligus manajemen PT Indorama membagikan bantuan keuangan untuk 19 masjid di Kelurahan Kepuh yang diterima oleh para pengurus DKM. (*/Rizal)

Polda