Rawan Banjir, Kelurahan Sukmajaya Cilegon Gelar Rapat Koordinasi Bencana Penanggulangan Dini Lingkungan

 

CILEGON– Pemerintah Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon melakukan rapat koordinasi bencana penanggulangan dini lingkungan di Aula Kelurahan Sukmajaya, Selasa, (27/9/2022).

Rapat koordinasi dihadiri oleh sejumlah RT RW Kelurahan Sukmajaya yang sering terdampak bencana banjir ketika musim penghujan.

Kasi Pemerintahan dan Ketertiban Umum Kelurahan Sukmajaya, Mispan mengatakan, kegiatan ini merupakan antisipasi ketika bencana banjir kembali menerjang.

“Sebentar lagi kan musim penghujan, makanya kami kumpulkan RT RW yang sering wilayahnya terkena banjir agar bisa mengantisipasi bahaya banjir. Jadi paling tidak mereka bisa mengevakuasi diri karena keselamatan itu yang kita utamakan,” ujar Mispan.

Ks nu

Lanjut Dia, pada rapat koordinasi tersebut, pihaknya juga mengundang perwakilan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon untuk memberikan pemahaman dan upaya keselamatan ketika terjadi banjir.

“Jadi untuk menangani banjir di wilayah kami, kami kerjasamakan dengan pihak BPBD untuk memberikan materi karena wilayah kami sangat rawan banjir ketika dimusim penghujan,” ujarnya

Menurut Mispan, seringnya terjadi banjir di wilayahnya karena penyempitan kali sehingga setiap tahun Kelurahan Sukmajaya menjadi langganan banjir.

“Oleh karena itu, agar tidak terjadi banjir kali harus dilebarkan dan kami mau buat usulan normalisasi untuk tandon,” jelasnya.

Sementara itu, Lurah Sukmajaya Irfan Sonhaji mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya banjir pihaknya akan menormalisasi tandon yang berada di Lingkungan Seneja dan Sawah.

“Kita mengupayakan dari dinas terkait sepeti DLH dan BPBD untuk ikut serta gotong royong menormalisasi tandon di wilayahnya agar menjadi bersih,” tutupnya. (*/Nas)

Cibeber nu