STAK Cilegon Ikuti Latgab Pramuka Nasional di IAIN Kudus Jateng

Loading...

CILEGON – Ketua Dewan Racana (KDR) Sultan Maulana Muhammad Nasyirudin dan Nyimas Ratu Ayu Wanagiri atau yang biasa disebut Pramuka STAK Cilegon mengikuti Latihan Gabungan (Latgab) Pramuka tingkat Perguruan Tinggi Se-Jawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sekitarnya, bertempat di Bumi Perkemahan Ternadi Dawe, IAIN Kudus, mulai dari tanggal 27-29 Juni 2019 lalu.

Diketahui event Latihan Gabungan Pramuka tersebut rutin diadakan baik oleh pihak IAIN Kudus ataupun IAIN Salatiga Kabupaten Semarang secara bergantian. Namun untuk kegiatan kali ini diadakan di IAIN Kudus dengan mengusung tema ‘With Scout We Can Hug The World’.

Salah satu dari 4 (empat) utusan STAK Cilegon, Narudi yang merupakan Ketua Dewan Racana (KDR) Putra pun menyampaikan bahwa keikutsertaannya merupakan sebagai upaya untuk mencari ilmu dan pengalaman baru dalam bidang kepramukaan.

“Karena pengalaman dan ilmu tidak bisa diambil dari satu tempat, maka kami nekat untuk mencari ilmu baru di luar sana. Dan mencari pengalaman serta silaturahmi dengan para Pramuka dari perguruan tinggi provinsi lain,” ucap Narudi, Minggu (30/6/2019).

4 Anggota Pramuka STAK Cilegon yang jadi Kontingen Latgab di IAIN Kudus, Jawa Tengah / Dok
Sankyu rsud mtq

Menurutnya, banyak hal yang ia dapat dari kegiatan tersebut disamping sebagai ajang silaturahmi antar kontingen Pramuka dari berbagai wilayah di Indonesia.

“Kegiatannya seperti Latihan Pramuka biasa. Cuma kali ini ada kegiatan intinya seperti seminar pemadam kebakaran, seminar nasional dengan tema peran Pramuka pandega di era milenial, destana mastana serta penanaman pohon,” tuturnya.

PCM

Narudi pun menyampaikan harapannya untuk bisa mengikuti kegiatan serupa di masa yang akan datang sebagai pembelajaran dan pengalaman berharga.

“Semoga di tahun mendatang kami masih bisa bersilaturahmi kembali,” harapnya.

Ia pun turut memberikan apresiasi dan rasa terimakasihnya terhadap pihak-pihak yang sudah membantu STAK Cilegon sehingga bisa mengikuti kegiatan Latihan Gabungan Pramuka di IAIN Kudus tersebut.

“Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada para pihak yang mendukung kami, dari Kak Mabigus, Ketua Gudep, Purna Racana Pramuka STAK Cilegon serta hamba Allah yang tidak bisa kami sebutkan namanya, terimakasih banyak atas supportnya,” tandas Narudi.

Ketua Dewan Racana (KDR) Putri, Siti Maspupah menambahkan, bahwa apa yang didapat oleh dirinya dan rekan-rekan lainnya mampu disalurkan terhadap anggota lainnya, sehingga memberikan semangat agar terus mengembangkan kualitas baik dari segi kepramukaan ataupun kegiatan lainnya.

“Ilmu yang kami dapat dari Kudus akan dibagi ke anggota lain, dan semoga menjadi semangat untuk terus mengembangkan minat dan bakat dalam Pramuka dan dapat mendisiplinkan anggota dalam kegiatan lain,” tukasnya.

Diketahui, Kontingen Pramuka STAK Cilegon mengutus 4 orang anggotanya untuk mengikuti kegiatan Latihan Gabungan Pramuka tingkat Perguruan Tinggi di Kudus. Mereka adalah Narudi, KDR Putra; Siti Maspupah, KDR Putri; Uswatun Hasanah dan Amir Afandi, sebagai anggota. (*/Ndol)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien