Tanggul Jebol Tak Diperbaiki, Betonisasi Tahap 2 Jembatan Cigeblag JLS Akan Dilanjutkan

pcm koperasi

CILEGON – Pemkot Cilegon melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) telah menganggarkan dana sebesar Rp 1,5 miliar pada ABPD 2017 ini untuk melanjutkan pembangunan tahap 2 Betonisasi Jembatan Cigeblag di Jalan Lingkar Selatan (JLS).

Proyek ini direncanakan mulai berjalan pada pertengahan Agustus 2017 mendatang. Sehingga ditargetkan akses JLS dua jalur bisa segera optimal dimanfaatkan oleh masyarakat.

Baca Juga : Tanggul yang Jebol Terbengkalai, Jembatan Cigeblag JLS Jadi Proyek Gagal?

“Beton Jembatan yang tahap dua itu sudah dianggarkan Rp 1,5 miliar, pertengahan Agustus dimulai, sekarang dalam proses lelang,” ungkap Kepala Dinas PUTR, Nana Sulaksana, kepada Fakta Banten melalui telepon genggamnya, Jumat (28/7/2017).

Nana mengaku optimis proyek tersebut akan selesai tepat waktu dan membuat akses JLS lebih optimal digunakan masyarakat.

“Kalau sudah selesai beton tahap 2, jalur kanan sudah bisa dilewati dan JLS makin optimal, dua jalur berfungsi semua untuk memperlancar lalu-lintas,” jelasnya.

Loading...

Namun optimalisasi fungsi JLS khususnya di sekitar Kawasan Jembatan Cigeblag, masih menjadi tanda tanya banyak pihak. Pasalnya proses pembetonan dinilai akan terkendala dengan kondisi jebolnya tanggul dinding untuk peninggian jembatan, yang hingga saat ini tidak kunjung diperbaiki.

Pembangunan jembatan dan tanggul dinding penahan tanah urukan untuk meninggikan jembatan tersebut sebenarnya sudah selesai dibangun akhir 2016 lalu, namun belum sempat digunakan tanggul setinggi lebih dari 10 meter itu malah jebol pada April 2017 lalu.

Hingga kini, tanggul tersebut belum juga diperbaiki, padahal proyek 2016 senilai Rp 6,1 miliar itu masih dalam masa perawatan hingga akhir Juni lalu.

Saat ditanya mengenai hal itu, Nana mengatakan bahwa upaya perbaikan akan tetap dilakukan oleh pihak kontraktor yang bertanggungjawab di masa perawatan.

“Ada surat komitmennya, dari pihak pengusaha masih siap (untuk perbaikan), tadi juga sudah saya telepon. Katanya sudah lagi menyiapkan kebutuhannya,” ujar Nana.

Namun meski hampir sebulan lewat dari masa perawatan, tanggul yang jebol tersebut masih tidak kunjung diperbaiki. Hal ini dikatakan Nana tidak masalah, dan akan dikerjakan bersamaan dengan betonisasi tahap 2 jembatan Cigeblag JLS.

BPRS CM tabungan

“Terakhirnya memang bulan Juni terakhir masa perawatan. Tapi iya gapapa dikerjakannya mundur, nanti dibarengin dengan kelanjutan beton tahap 2. Pengusahanya sudah komitmen,” tegas Nana. (*)

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien