Warga Perbatasan Di Cilegon Bangun Jembatan Secara Swadaya

CILEGON – Puluhan warga di Dua Kelurahan yakni Kelurahan Taman Baru dan Kelurahan Lebak Denok, Kecamatan Citangkil bergotong royong membangun jembatan, Minggu (7/7/2019).

Jembatan yang dibangun secara swadaya ini diikuti warga dengan antusias, mereka bahu membahu membangun jembatan tersebut.

Lurah Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Citangkil, Nanang Umar Nafis mengapresiasi apa yang dilakukan warga perbatasan link Kubang Lesung RT 01 RW 04 Kelurahan Taman Baru dan warga link Balong RT 01 RW 01, Kelurahan Lebak Denok yang sudah bergotong royong membuat jembatan secara swadaya.

“Semenjak dibuat tahun 1995, jembatan ini belum ada perbaikan, dan baru hari ini jembatan ini baru diperbaiki, itupun yang melakukan perbaikan adalah masyarakat di dua Kelurahan dengan bergotong royong dengan dana swadaya warga, bukan dana dari Pemerintah,” katanya saat ditemui di sela gotong royong.

Semua bahan-bahan lanjutnya, berasal dari swadaya masyarakat.

“Pembangunan ini swadaya murni dari masyarakat makanya saya sangat mengapresiasi warga yang sudah berpartisipasi baik tenaga maupun barang – barang,” katanya.

Hal yang sama juga dikatakan Muhamad Yusuf selaku Sekretaris Lurah Lebak Denok, sebelum melakukan pembuatan jembatan warga Taman Baru bermusyawarah dan dari hasil musyawarah ada kesepakatan agar jembatan tersebut direhabilitasi total mengingat kondisi jembatan tersebut sudah tidak layak untuk dilalui.

“Alhamdulillah dari kesepakatan bersama akhirnya saat ini jembatan ini direhabilitasi dengan dana swadaya warga, baik dari warga Taman Baru, maupun dari warga Lebak Denok,” ujarnya.

Di tempat yang sama, tokoh masyarakat Kelurahan Taman Baru Muklis mengatakan, selain membangun jembatan secara swadaya masyarakat juga ada yang menghibahkan tanahnya untuk pelebaran jalan.

“Kami bangga dan salut dengan warga di dua Kelurahan yang sudah meluangkan waktunya untuk bersama – sama bergotong royong dalam membangun jembatan, kalau dikatakan budaya bergotong royong sudah punah di Kota Cilegon itu tidak terbukti, buktinya hari ini kita menyaksikan warga sangat antusias bergotong royong, mereka secara ikhlas bahu membahu demi kepentingan bersama,” tukasnya. (*/Red)