BPN Banten Targetkan 140 Ribu Bidang Tanah Terdaftar di Tahun 2024

Dprd ied

SERANG – Badan Pertahanan Nasional (BPN) Provinsi Banten menargetkan 140 ribu lebih bidang tanah akan tersetipikat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada tahun 2024.

Kepala Bidang Penetapan Hak dan Pendaftaran pada BPN Banten, Yayat Ahadiyat Awaludin menyenut, target PTSL itu naik dua kali lipat dibandingkan tahun 2023 lalu yang hanya 76.022 bidang tanah.

“Pada tahun ini naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya, karena memang ditahun kemarin itu terdapat refouching anggaran. Sehingga targetnya pun ikut berubah, tapi semoga pada tahun ini tidak ada perubahan lagi,” sebut Yayat kepada wartawan, Jumat, (1/3/2024).

Menurutnya, program PTSL sangatlah penting bagi masyarakat, sebagai jaminan hukum atas aset tanah milik masyarakat.

“Tapi perlu diingat, hal ini digunakan untuk yang sifatnya produktif, bukan yang konsumtif,” katanya.

Dalam mencapai target tersebut, pihaknya bersama dengan BPN di kabupaten/kota se-Banten tengah merancang rencana aksi dan time line pelaksanaan program PTSL.

Selain itu, pihaknya juga terus melakukan peningkatan pelayanan kepada masyarakat salah satunya melalui Klinik PTSL yang berada dibeberapa kantor pertahanan di Kabupaten dan Kota.

Diketahui, PTSL sendiri merupakan salah satu program pemerintah yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan sertipikat tanah secara gratis.

Sertipikat cukup penting bagi para pemilik tanah, tujuan PTSL adalah untuk menghindari sengketa serta perselisihan di kemudian hari. (*/Faqih)

Golkat ied