Dinas Pertanian Dorong Petani di Banten Manfaatkan Kredit Bank

SERANG– Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten mendorong para petani untuk memaksimalkan pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian, sebagai upaya melanjutkan pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

“Salah satunya seperti padi Banten yang diberi nama Beras Kewal,” ujar Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Agus Tauchid saat berdiskusi bersama Kelompok kerja (Pokja) Wartawan Harian dan Elektronik Provinsi Banten, di Kota Serang, Kamis, (8/9/2021) kemarin.

Selain beras lanjut dia, upaya peningkatan produksi tanaman hortikultura dengan prioritas buah-buahan musiman, seperti melon dan pisang juga bisa dilakukan.

Kendati demikian kata Agus, tetap mempertahankan pengembangan tanaman buah tahunan dan sayuran strategis seperti cabe dan bawang merah.

Pihaknya juga mengaku mempunyai program peningkatan produksi tanaman perkebunan strategis.

“Seperti kopi, gula aren dan peningkatan produksi peternakan yang cepat panen. Seperti ternak unggas ayam dan itik untuk daging dan telor,” katanya.

Semua peningkatan produksi tersebut menurutnya, dapat disinergikan dengan kelembagaan bisnis masyarakat dengan dukungan permodalan dari KUR bidang pertanian.

“Jumlah total KUR pertanian se-Provinsi Banten Rp1,7 triliun, untuk permodalan produksi pertanian itu, maka para petani bisa memanfaatkan KUR,” terangnya. (*/Faqih)

Demokrat
Royal Juli