Hari Bhakti PU Ke-77 Ala DPUPR Banten: Bersih-bersih Situ hingga Bantuan Pembangunan Jamban

Gerindra Nizar

SERANG – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Provinsi Banten, Arlan Marzan mengaku telah menyiapkan rangkaian kegiatan peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) Ke-77 tahun.

Di antaranya kata dia, melakukan kegiatan bersih-bersih situ, jalan, dan bakti sosial dengan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat kabupaten/kota di Provinsi Banten.

“Insya Allah di minggu depan ada kegiatan bersih-bersih Sungai Cibanten dan bantuan pembangunan jamban di Kota Serang sebanyak 77 titik yang rencananya akan dilakukan di 2 Kelurahan terutama di Kecamatan Curug,” ujar Arlan, usai Apel Hari Bhakti PU ke-77 tahun di Lapangan Setda Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, pada Sabtu (3/12/2022).

Fraksi serang

Arlan menuturkan, pihaknya saat ini menargetkan untuk kondisi jalan yang menjadi kewenangan Provinsi Banten terus diupayakan agar dapat rampung hingga akhir tahun ini, oleh karena itu dirinya berharap dukungan dari masyarakat.

Selain itu, dalam rangka memastikan pembangunan infrastruktur pada tahun 2023 mendatang, pihaknya mengaku telah melakukan monitoring perkembangan jalan dan jembatan. Sehingga kata dia, tahun depan diharapkan kondisi itu dapat ditangani secara langsung.

“Kita berharap aplikasi yang telah kita launching yakni Sistem Informasi Jalan dan Jembatan (SiJJ) itu dapat dioptimalkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat, sehingga kondisi jalan dan jembatan yang memang dikeluhkan masyarakat dapat disampaikan kepada kami secara langsung melalui aplikasi itu. Selanjutnya tim reaksi cepat yang ada dapat turun langsung ke lapangan,” bebernya.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menuturkan, pada Peringatan Hari Bakti PU ke-77 tahun ini diharapkan dapat menjadi semangat bagi seluruh insan PUPR untuk dijadikan pegangan dalam melaksanakan tugas terutama memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Fraksi

“Pada hari bhakti ini untuk mengenang jasa-jasa insan DPUPR yang telah mendedikasikan diri untuk negeri ini, maka semangat itu perlu kita pegang dalam melaksanakan tugas melayani masyarakat,” ungkap Al Muktabar usai memimpin Apel.

Al Muktabar mengatakan hingga saat ini sudah banyak capaian yang telah dilakukan insan DPUPR untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah maupun nasional, terutama pada sektor infrastruktur, dimana capaian tersebut menjadi dasar pembangunan negeri ini.

“Untuk di Banten banyak hal yang dilakukan dalam rangka itu, diantaranya proyek strategis nasional maupun yang include agenda kerja Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota. Tentu kita juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden dan Wakil Presiden serta khusus kepada Menteri PUPR yang telah bersungguh-sungguh mendedikasikan diri dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia dan di Banten khususnya,” ungkapnya.

Selanjutnya, Al Muktabar mengungkapkan dampak dari pembangunan itu sendiri, baik infrastruktur jalan maupun permukiman dapat meningkatkan dan menggiatkan perekonomian, sosial-budaya, dan kemasyarakatan.

“Oleh karena itu kita mengupayakan dan mengoptimalkan langkah kita untuk pembangunan itu sendiri. Tentu dengan infrastruktur itu dapat membuka akses, akses itu titik berat dari pertumbuhan dan sangat mungkin dengan infrastruktur akan tumbuh pusat pertumbuhan baru,” imbuhnya.

Sebagai informasi, dalam pelaksanaan Apel Hari Bhakti PU ke-77 tahun tersebut Al Muktabar menyerahkan tanda bukti hak milik atas rumah negara golongan III dan pelepasan hak atas tanah kepada insan PUPR, yang diberikan secara simbolik kepada Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Provinsi Banten Rachmat Rogianto.

Turut hadir pada kesempatan itu, Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Banten M Tranggono, Jajaran DPUPR Provinsi Banten, Jajaran DPRKP Provinsi Banten, Balai Kementerian PUPR yang berada di Provinsi Banten, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten, Kepala OPD Pemda kabupaten/kota serta tamu undangan lainnya. (*/Faqih)

 

Gerindra kuswandi