Kasih Kejutan di HPN 2024, Al Muktabar Datang ke PWI Banten Tanpa Pengawalan

 

SERANG – Pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 di Provinsi Banten, menjadi momen yang tak terlupakan bagi para insan pers yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten.

Pasalnya, Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar, memutuskan untuk mengunjungi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banten tanpa pengawalan resmi.

Bahkan Al Muktabar mengendarai mobil seorang diri datang ke Sekretariat PWI Provinsi Banten di Jalan Jenderal Sudirman nomor 25, Kota Serang. Jumat, 9 Februari 2024.

Dalam suasana yang penuh kehangatan, Al Muktabar tiba di kantor PWI Banten pada pukul 13.30 WIB. Kehadirannya tanpa pengawalan membuat gempar para anggota dan pengurus PWI yang hadir.

Pasalnya, Al Muktabar diperkirakan tidak akan jadi hadir dalam acara Tasyakuran Hari Pers Nasional dan HUT PWI ke 78 bertajuk “Mengawal Transparansi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”.

Dalam sambutannya, Al Muktabar mengungkapkan rasa hormat dan apresiasinya terhadap peran penting insan pers dalam membangun demokrasi dan menjaga kebenaran informasi.

“Saya datang ke sini untuk menyampaikan penghargaan langsung kepada para wartawan Banten atas dedikasi, dan kerja keras mereka dalam memberikan pemberitaan yang berimbang dan akurat kepada masyarakat,” ujar Al Muktabar.

Kehadiran tanpa pengawalan ini menjadi bukti nyata dari kesederhanaan dan kepedulian Al Muktabar terhadap hubungan yang baik antara pemerintah dan media.

Ia berharap kejadian ini menjadi momentum untuk memperkuat kolaborasi yang lebih baik di masa depan.

Advertorial

Advertorial

Para anggota PWI Banten pun merespons dengan penuh apresiasi terhadap langkah yang dilakukan oleh Al Muktabar.

Mereka menganggap kunjungan tanpa pengawalan ini sebagai bentuk kesungguhan dan keinginan untuk membangun hubungan yang lebih baik antara pemerintah dan pers.

Kunjungan mengejutkan ini juga menjadi pembuktian bahwa komunikasi yang terbuka dan transparan antara pemerintah, dan media sangatlah penting dalam menjaga kepercayaan publik dan memperkuat demokrasi.

Disisi lain, Ketua PWI Provinsi Banten, Rian Nopandra mengatakan, pihaknya sungguh sangat terkejut atas kedatangan orang yang saat ini menjadi nomor satu di Provinsi Banten itu.

Pihaknya juga tak menyangka, sebab awalnya perwakilan dari Pemerintah Provinsi Banten, sudah diwakili tim Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Setda Banten.

“Tentu kami sangat terkejut, dan mengapresiasi apa yang dilakukan Pak Pj Gubernur Banten ini. Sebuah kebanggaan bagi insan pers mendapat kejutan di hari yang bersejarah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Rian Nopandra menuturkan, sebagai bentuk sinergitas dalam membantu pemerintah dalam membangun daerah.

Pihaknya berkomitmen untuk mendorong insan pers dapat memberikan informasi yang akurat, terpercaya, dan berimbang.

Sehingga, dengan upaya ini diharapkan pers di Banten dapat tumbuh menjadi profesi yang mampu memberikan dampak nyata untuk pembangunan daerah lewat pemberitaannya.

“Tentu kami sangat berkomitmen untuk selalu menjunjung kode etik jurnalistik dan kode etik perilaku,” katanya.

“Ini penting, sebab dengan begitu pers mampu bekerja profesional serta dapat memberikan informasi yang akurat, terpercaya, dan berimbang,” imbuhnya. (*/Red)