Dprd kanal

PLN Pasang 143.936 Smart Meter Berbasis AMI di Banten

Loading...

 

TANGERANG – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten rampungkan pemasangan smart meter berbasis Advanced Metering Infrastructure (AMI) tahap pertama di Provinsi Banten.

Smart meter AMI merupakan terobosan PLN dalam mengembangkan teknologi Internet of Things (IoT) pada infrastruktur kelistrikan. Dimana alat pengukur penggunaan listrik ini dilengkapi sistem komunikasi digital dua arah yang lebih canggih, akurat dan berkualitas.

General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis menyampaikan untuk tahap pertama ini PLN UID Banten telah berhasil mengimplementasikan peningkatan layanan dengan memasang 143.936 smart meter AMI di rumah pelanggan.

PCM

“Pada tahap pertama ini kita sudah berhasil mengimplementasikan smart meter AMI dengan total terpasang 143.936 smart meter yang tersebar di Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang,” jelas Abdul Mukhlis dalam keterangannya, pada Kamis, (2/11/2023).

Lebih lanjut Abdul Mukhlis menjelaskan smart meter AMI ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan. Dengan smart meter AMI para pelanggan bisa mengetahui profil beban sekaligus tagihan listrik berjalan secara real time melalui aplikasi PLN Mobile.

Smart meter berbasis AMI tentunya memberikan banyak kemudahan, salah satunya pembacaan data meter secara real time dan dilakukan dari jarak jauh sehingga tidak diperlukan lagi pembacaan meter ke lokasi. Dengan demikian privasi pelanggan juga lebih terjaga,” ujar Abdul Mukhlis.

Respon positif juga disampaikan oleh Tia, pelanggan PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cikokol juga merasakan manfaat dan kenyamanan setelah menggunakan smart meter AMI.

“Alhamdulillah saya sudah menggunakan kWh meter baru AMI, tentunya saya berharap inovasi ini dapat memudahkan kami dalam pemantauan tagihan listrik dan catat meter. Semoga pencatatan meternya lebih akurat dan lebih terpercaya, terima kasih PLN” ungkap Tia. (*/Faqih)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien