Polda Banten Siapkan Arena Debat untuk Pemudik yang “Kekeuh” Mudik

SERANG – Kepolisian Daerah (Polda) Banten akan menyiapkan arena parkir untuk berdebat di titik-titik penyekatan menuju Pelabuhan Merak, bagi pemudik yang kekeuh ingin tetap mudik. Arena debat itu disiapkan untuk pemeriksaan persyaratan yang hendak melakukan perjalanan dinas ataupun bersifat darurat.

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy mengatakan kebijakan itu diberlakukan mulai 6-17 Mei 2021, dengan melakukan pengetatan dan pemeriksaan kelengkapan surat-surat bagi yang hendak menyeberang.

“Kami sudah antisipasi karena inikan ada kebijakan pengetatan, sekarang dilakukan dengan surat keterangan dan ditambah surat antigen berlaku satu kali 24 jam, jika tidak terpaksa saya kembalikan,” kata Kapolda, ditemui di Polda Banten, Rabu (28/4/2021).

Rudy juga mengaku sudah perintahkan kepada para petugas yang berjaga nanti di titik-titik penyekatan agar tegas dalam menyampaikan maupun memutarbalikkan kendaraan.

“Saya minta petugas saklek aja jadi tidak ada perdebatan. Dan nanti ada arena parkir untuk area debat. termasuk pemeriksaan surat kelengkapan surat perintah dinasnya, kami periksa dan kami harus konfirmasi apakah benar surat itu dikeluarkan oleh dinas,” ujarnya.

Baca juga: Dewan MIA Kunjungi Warga Cilegon yang Terjatuh di Rel Kereta Krenceng

Pihaknya juga sudah meminta kepada PT ASDP untuk membuka dua dermaga saja yang dikhususkan untuk kendaraan barang, ambulance dan kendaraan bersifat darurat. Hal tersebut dilakukan berdasarkan kerap terjadinya mobil pribadi diangkut menggunakan truk.

“Seperti halnya pengalaman tahun sebelumnya mobil yang dinaikan ke truk, kalau bahan pokok boleh dan itu ada surat jalannya juga. Nah itu saya sudah kirim surat ke Dirjen Perhubungan Darat tadinya saya minta ditutup ASDP itu dialihkan ke Bojonegara, tapi ASDP akan tetap membuka dari 7 dermaga saya hanya minta dua untuk pengangkut bahan pokok saja selain itu mobil yg keadaan dinas ambulance dan lainnya yang diizinkan selain itu balik kanan,” tukasnya. (*/Roel)