Prediksi BMKG: Besok Wilayah Banten Berpotensi Hujan dan Angin Kencang

SERANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah untuk esok hari, Jumat (10/9/2021).

Berdasarkan informasi cuaca BMKG, besok Jumat 10 September 2021, potensi cuaca ekstrem berupa hujan dan angin kencang bisa terjadi di beberapa daerah.

Seperti dikutip dari laman resmi BMKG, meteo.bmkg.go.id, potensi cuaca ekstrem bisa terjadi di wilayah Sumatera, Jawa serta Kalimantan dan Sulawesi.

BMKG juga memberikan peta sebaran gambaran potensi gelombang tinggi untuk beberapa perairan di Indonesia.

BMKG memperingatkan, adanya potensi bibit siklon tropis terpantau di sekitar Filipina yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin di sekitar Filipina.

Siklon tropis ini berpotensi memberikan dampak tidak langsung berupa potensi peningkatan curah hujan di sebagian wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

Sirkulasi siklonik terpantau di sekitar Vietnam yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Thailand hingga Vietnam dan juga terdapat Sirkulasi Eddy terpantau di barat Kalimantan Barat.

Sementara daerah konvergensi terpantau memanjang dari Bengkulu hingga perairan barat Sumatera Barat, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah bagian utara, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi bagian tengah hingga Sulawesi Utara, dari Maluku hingga Maluku Utara, dari Papua hingga Papua Barat.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Siklon tropis dan sirkulasi siklonik di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berikut daftar wilayah berpotensi cuaca ekstrem untuk Jumat 10 September 2021 :

Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang:

Aceh
Sumatera Barat
Bengkulu
Jambi
Sumatera Selatan
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Sulawesi Utara
Gorontalo
Sulawesi Tengah
Sulawesi Barat
Sulawesi Tenggara
Maluku Utara
Maluku
Papua Barat
Papua

Wilayah yang berpotensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang:

Riau
Lampung
Banten
Jawa Barat
Jawa Timur
Nusa Tenggara Timur
Kalimantan Barat
Kalimantan Tengah

Wilayah yang berpotensi angin kencang:

Nusa Tenggara Barat

(*/Tribunnews)

Demokrat
Royal Juli