Dprd kanal

Menjaga Badan Agar Tetap Sehat di Tengah Cuaca yang Sangat Panas, Berikut ini Tipsnya!

Loading...

 

FAKTA – Diketahui saat ini Indonesia sedang dilanda kemarau panjang di setiap wilayahnya, tak terkecuali di wilayah Provinsi Banten.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Fakta Banten dari catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Suhu cuaca panas pada saat ini berkisar 24-36 derajat celcius di seluruh wilayah Indonesia. Cuaca panas tersebut dipengaruhi dari fenomena El Nino.

Dengan cuaca panas pada saat ini jelas membuat diri kita tak nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas di luar rumah. Tak hanya itu, cuaca seperti itu pun bisa berpengaruh terhadap kondisi kesehatan. Seperti, dehidrasi, iritasi kulit, sakit kepala, gangguan penglihatan bahkan hingga mengakibatkan hilangnya kesadaran diri seseorang (pingsan).

Oleh karenanya, agar tubuh tetap sehat di tengah cuaca panas seperti sekarang ini. Penting untuk kita agar lebih meningkatkan kesehatan.

Begini tips agar tubuh tetap sehat di tengah cuaca panas yang sangat ekstrem seperti sekarang ini.

Simak ulasan berikut ini seperti yang dikutip Fakta Banten dari berbagai sumber, Jumat (22/9/2023).

1. Banyak Minum Air Putih

Salah satu dampak dari cuaca panas adalah hilangnya cairan tubuh dalam jumlah banyak, yang jika dibiarkan dapat berujung menjadi dehidrasi. Untuk itu, saat cuaca sedang panas-panasnya, perbanyaklah minum air putih, bahkan lebih banyak dari biasanya. Dengan begitu keseimbangan cairan tubuh kamu akan tetap terjaga. Hindari atau batasi juga konsumsi minuman berkafein karena bersifat diuretik, yaitu memicu hilangnya cairan tubuh.

2. Perbanyak Konsumsi Buah-Buahan

Selain memperbanyak asupan air putih, penting juga untuk banyak mengonsumsi buah-buahan saat cuaca panas. Terutama buah yang tinggi kadar airnya, seperti semangka, melon, dan jeruk. Manfaat konsumsi buah-buahan tinggi air sama seperti banyak minum air putih, yaitu membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, vitamin yang terkandung dalam buah-buahan juga dapat membantu tingkatkan kekebalan tubuh.

3. Gunakan Krim Pelembap

PCM

Jika akan beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk menggunakan krim pelembap. Krim ini bermanfaat untuk menjaga kulit tetap lembap. Sebab, saat cuaca sedang panas, kulit jadi rentan kering dan iritasi.

4. Batasi Aktivitas di Luar Ruangan

Meski bukan berarti kamu hanya boleh bermalas-malasan di dalam rumah, kamu juga harus membatasi aktivitas di luar ruangan, ketika cuaca sedang panas. Pagi dan sore menjelang malam adalah waktu yang bisa kamu pilih jika ingin beraktivitas di luar ruangan. Sebisa mungkin hindari aktivitas di siang hari saat matahari sedang terik-teriknya.

5. Kenakan Pakaian Berbahan Katun

Ketika cuaca sedang panas, kenakanlah pakaian yang berbahan katun dan tipis, sehingga bisa menyerap keringat lebih baik dan tidak menyimpan panas. Dengan begitu, tubuh akan tetap terasa dingin dan kamu bisa beraktivitas dengan nyaman. Hindari menggunakan baju berwarna hitam atau gelap, karena dapat menyerap panas matahari.

6. Gunakan Payung dan Topi

Selain menggunakan pakaian yang berbahan katun, gunakan juga pelindung tubuh lainnya, seperti payung dan topi, jika ingin beraktivitas di luar ruangan. Hal ini bermanfaat untuk menghindari paparan sinar matahari langsung pada kulit, yang dapat membuat kulit terbakar dan iritasi.

7. Jangan Terlalu Sering Mandi

Saat cuaca sedang panas-panasnya, tentu rasanya ingin bolak-balik mandi, ya. Apalagi bagi yang sedang WFH (Work from Home) atau bekerja dari rumah. Padahal, mandi terlalu sering saat cuaca sedang panas juga tidak terlalu baik, lho. Sebab, dapat membuat kulit jadi kering. Jadi, mandilah sewajarnya saja. Misalnya, jika seharian di rumah saja, cukup mandi 2 kali sehari.

8. Hindari Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol dapat memperparah dehidrasi. Apalagi jika kamu tidak mengimbanginya dengan banyak minum air putih dan makan makanan sehat. Oleh karena itu, saat cuaca sedang panas, sebaiknya hindari konsumsi alkohol dan perbanyak minum air putih saja.

Itulah beberapa tips agar badan tetap sehat pada saat cuaca sedang panas. (*/Yod/Aji)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien