Tanda Putih di Kuku Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

BPRS CM tabungan

FAKTA BANTEN – Dari waktu ke waktu kita sering melihat ada tanda putih di kuku, dan bertanya-tanya kenapa tanda itu bisa muncul. Ada mitos yang mengatakan kalau titik putih itu disebabkan kekurangan kalsium atau vitamin.

Tapi, Anda perlu tahu bahwa itu hanyalah mitos, dan penyebab munculnya tanda putih di kuku seringkali merupakan hal yang lebih serius.

Titik putih yang muncul di permukaan kuku Anda itu secara medis disebut dengan punctate leukonychia, dan seringkali muncul akibat trauma pada kuku.

DPRD Pandeglang Kurban
Maskot KPU Cilegon

Dilansir laman The Sun, trauma ini tidak harus selalu sesuatu yang besar seperti jari yang terjepit pintu mobil. Tapi, bisa sesederhana seperti terlalu sering mengetuk-ngetuk jari atau menggigitnya.

Tanda putih itu terbentuk di bagian paling dasar kuku dan bergerak ke atas seiring pertumbuhan kuku. Seringkali, ketika titik putih itu terlihat, kemungkinan besar Anda sudah lupa apa yang menyebabkan tanda itu muncul.

Ada kalanya tanda itu muncul bukan karena trauma, tapi karena mengalami reaksi alergi terhadap cat kuku. Namun, jika seluruh kuku berubah menjadi putih, ini bisa jadi kondisi yang sangat serius, dan Anda disarankan untuk menemui dokter.

Hal ini karena kuku putih bisa menjadi indikasi kondisi yang serius seperti sirosis hati, gagal ginjal, atau penyakit jantung. Sedangkan jika tanda putih muncul di garis kuku, itu bisa jadi tanda kadar protein yang rendah di dalam darah. (*/Viva)

Gerindra Banten Idul Adha
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien