Bakal Tampung Sampah dari Tangsel, Musa: Pemkab Lebak Jangan hanya Kejar Profit

Loading...

 

LEBAK – Musa Weliansyah Politisi PPP turut menyoroti atas kebijakan Pemkab Lebak yang akan menampung sampah kiriman dari Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada tahun 2024 mendatang.

“Kebijakan itu harus dikaji dulu secara matang. Karena sejauh ini manajemen tata kelola sampah di Kabupaten Lebak sendiri masih belum maksimal,” kata Musa yang merupakan Anggota DPRD Kabupaten Lebak, Minggu (1/10/2024).

Kata dia, kerjasama terkait pengelolaan sampah jangan hanya mengedepankan keuntungan (Profit). Artinya bukan hanya kontribusi atau retribusi saja, namun perlu adanya perbaikan atas manajemen tentang tata kelola sampah.

“Karena jujur hingga saat ini pengelolaan sampah di Lebak masih buruk, seperti di TPS Cihara, di pasar-pasar tradisional dan wilayah lainnya,” ujarnya.

Musa juga meminta, dinas terkait untuk menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai, serta analisa atas dampak lingkungannya.

PCM

“Dinas terkait harus jeli dalam melihat AMDAL-nya, jangan sampai masyarakat dirugikan dengan resiko seperti bau, serta ancaman penyakit,” ungkapnya.

Dalam hal itu, dirinya pun menyinggung soal keterbatasan pengoperasian alat berat yang pernah terjadi di tahun 2021 lalu dan membuat sampah di TPA Dengung membludak.

“Jangan sampai terulang lagi, persiapan sarana dan prasarana harus jadi prioritas. Jangan sampai masyarakat Lebak yang jadi ‘korban’ dengan adanya kerja sama ini,” tandasnya.

Diketahui, Pemkot Tangsel dan Pemkab Lebak tengah melakukan penjajakan kerja sama pengelolaan sampah.

Salah satu pointnya adalah rencana pengelolaan sampah dari TPA Cipeucang yang akan dibawa ke TPA Dengung yang berada di Kabupaten Lebak.

Pemkab Lebak sendiri akan menyediakan lahan seluas 5,5 hektar untuk menampung sampah asal Tangsel tersebut.

Hal ini lantaran TPA Cipeucang hampir separuhnya lebih sudah diisi timbunan sampah, dan Pemkot Tangsel sendiri memiliki keterbatasan lahan. Sedikitnya 400 ton sampah per hari masuk ke TPA Cipeucang. (*/Yod/Aji)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien