Iti Klaim Pemkab Lebak Maksimal Tangani Kasus Gizi Buruk

Lazisku

SERANG – Mensos Idrus Marham bersama Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy membawa empat bersaudara penderita gizi buruk dari Kampung Cibuah Talang, Desa Cibuah, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak ke RSUD Banten pada Rabu, 14 Maret 2018 kemarin.

Mensos menyatakan kepada kepala daerah, agar lebih giat mengecek data rakyat yang memenuhi syarat untuk bisa menerima bantuan sosial (Bansos).

Ia juga memberikan himbauan kepada kepala daerah di tingkat kota dan kabupaten agar dapat memastikan aparat dari tingkat bawah seperti RT/RW, desa, kecamatan, dan kepala dinas sosial, agar berperan aktif terus memonitor kondisi rakyat.

Ks

“Jadi lakukan penyisiran dan perbaharui datanya. Bagi warga yang memenuhi syarat, hampir pasti mereka akan dapat bantuan seperti rastra sebanyak 10 kg, kemudian bantuan lain seperti, Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP),” ujar Idrus Marham, Rabu (14/3/2018).

Kpu

Namun, Bupati Lebak yang sudah tidak aktif, Iti Octavia Jayabaya membantah Pemkab Lebak tidak melakukan pendataan dan tindakan yang baik terhadap rakyatnya.

Menurut Iti, Empat anak yang bernama Asep Miftahudin (24), Mariyyatul Qomariyah (16), Hawasi Muhamad (14), dan M. Tazul Aripin (3) adalah anak dari pasangan Ade Muhamad Ishak (52) dengan Siti Ainul Mardiyah (42) dan sudah mendapatkan pelayanan maksimal saat dirinya menjabat.

“Semasa dinas, sudah melakukan penanganan dan pendampingan sejak tahun 2011,” katanya saat ditemui di Kota Serang, Kamis (15/03/2018).

Iti menjelaskan, empat anak tersebut bukanlah penderita gizi buruk, namun disebabkan oleh kelainan genetika bahkan sudah mendapatkan penanganan dari petugas kesehatan dan sudah dibawa berobat ke dokter. Hanya saja pihak keluarga tidak mau menerima rawat inap malah memilih untuk berobat jalan.

“Sama kita dan pemkab (Lebak) berkali-kali diajak ke dokter dan dirawat tapi tidak mau. Stok makanan bergizi terus kita bantu untuk anak-anak Pak Ade (ayah empat anak bersaudara-red). Kursi roda dan lain-lain kita kasih sejak 2011. Ini yang Pemda (Lebak) lakukan,” jelasnya kepada wartawan. (*/Dave)

DPRD Banten LH
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien