Jelang Sahur, Terjadi Banjir di 8 Titik Lokasi di Rangkasbitung

Lazisku

LEBAK – Puluhan rumah serta fasilitas umum yang berada di sekitar aliran sungai Cikambuy, Desa Cijoro Pasir, Kecamatan Rangkasbitung, terendam banjir setinggi 40 – 50 Centimeter.

Banjir yang terjadi akibat meluapnya air Sungai Cikambuy pada pukul 00.05 WIB atau Selasa dini hari (20/4/2021).

Febby Rizky Pratama, Kepala BPBD Kabupaten Lebak membenarkan terjadinya banjir tersebut. Kata Febby, dalam kurun waktu satu jam ada sekitar 8 titik yang digenangi air. Mulai dari Ciawi, Tanjong, Semi, Cimesir, Papanggo, Cijoro Pasir, Kedung, terakhir Cisalam. Ketinggian air fariatif mulai dari 40 hingga 50 Centimeter.

DPRD Pandeglang Kurban
Kpu

“Tapi alhamdulillah saat ini kondisinya air sudah berangsur surut, hanya tinggal genangan-genangan sisa banjir, dan warga sudah bisa kembali ke rumah masing-masing untuk dapat membersihkan rumahnya juga istirahat dan mempersiapkan diri untuk santap sahur nanti,” terang Febby.

“Terakhir harapannya, yang namanya alam tidak bisa ditebak. Yang pasti dalam situasi tak menentu seperti saat sekarang ini, minimal masyarakat dapat menyimpan barang bawaannya di tempat yang aman,” himbau Febi.

Kedepan BPBD juga sudah meng-inventarisasi persoalan-persoalan yang ada dan akan menjadikannya sebagai bentuk rekomendasi untuk langkah pencegahan.

“Kemudian rekomendasi kita kedepan, kita akan bersama rekan-rekan OPD yang lain secara menyeluruh akan melakukan pembahasan tata ruang, drainase, dan juga saluran air yang ada di perkotaan. Karena ini bukan daerah langganan banjir, seperti Cimesir meskipun agak sering banjir tapi tidak sebesar ini karena menurut kami ada something wrong disana. Dan ini akan kita kejar, terlepas apapun itu yang hari ini bisa kami lakukan sebagai bentuk penanganan darurat yah hanya bisa seperti ini,” tutup Febby. (*/Eza Y,F)

DPRD Banten Kurban
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien