Menteri Sosial Puji Semangat Gotong Royong Warga Suku Baduy

Gerindra Nizar

LEBAK – Menteri Sosial (Mensos) RI Khofifah Indar Parawansa mengunjungi warga Baduy Luar yang menjadi korban kebakaran yang terjadi pada Selasa malam (23/5/2017) lalu. Bersama rombongan Bupati dan Wakil Bupati Lebak, Khofifah bertolak menuju lokasi kebakaran di Kampung Cisaban, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, pada Sabtu (27/5/2017) siang.

“Medan menuju lokasi memang cukup berat, tapi begitu sampai di wilayah pemukiman warga semua rasa lelah langsung sirna. Saya melihat tenda-tenda telah berdiri rapi, anak-anak warga berdatangan dengan hangat menyapa,” ujar Khofifah.

Dalam kunjungannya, Khofifah memuji semangat kegotong-royongan warga setempat. Dalam waktu dua hari sebanyak 84 tenda hunian sementara dari Kementerian Sosial telah berdiri dan seluruhnya dilakukan oleh warga dibantu Taruna Siaga Bencana (TAGANA).

Fraksi serang

“Biasanya mendirikan tenda dilakukan TAGANA (Taruna Siaga Bencana) dari Dinas Sosial setempat dibantu warga. Namun kali ini tenda terpasang rapi oleh warga, TAGANA hanya membantu dan dalam waktu yang sangat singkat. Tentu ini karena kerjasama dan gotong royong yang sangat baik yang terbangun pada Suku Baduy,” katanya.

Fraksi

Sebelumnya, kebakaran terjadi di wilayah RT 2 RW 06 pada Selasa malam, 23 Mei 2017 pukul 19.30 WIB. Diduga api berasal dari tungku rumah warga. Menurut Sekretaris Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Arman, api membesar dan menjalar dengan cepat ke seluruh pemukiman warga.

Upaya pemadaman, lanjutnya, dilakukan oleh warga dengan menggunakan air yang jumlahnya terbatas. Air diambil dari mata air yang kecil sehingga tidak mampu memadamkan api.

“Api terus melahap rumah warga dan lumbung padi sehingga mereka tidak memiliki cadangan beras,” kata Arman. (*)

Redaksi.

Gerindra kuswandi