PII Banten dan KT Haluan Baru Gelar Baksos Bantu Korban Banjir Lebak

BPRS CM tabungan

LEBAK – Karang Taruna Haluan Baru Taman Banjar Agung Indah bersama Pengurus Wilayah Pelajar Islam Indonesia (PII) Banten menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) untuk korban banjir yang berada di Desa Somang, Kecamatan Sarija, Kabupaten Lebak, Minggu (5/1).

Bencana alam yang mengakibatkan kerusakan parah di sejumlah wilayah ini, mendorong Karang Taruna Haluan Baru Taman Banjar Agung Indah dan PW PII Banten untuk melakukan kegiatan kemanusiaan berupa penggalangan dana dan bersih-bersih di lokasi bencana.

“Kegiatan ini akan selalu kita giatkan setiap ada bencana alam sebagai bentuk solidaritas kita terhadap penderitaan saudara-saudara kita,” ujarnya Wakil Ketua II Bidang Eksternal Karang Taruna Haluan Baru, Yasa Umami Setiawan.

DPRD Pandeglang Kurban

Dari penggalanagan dana yang terkumpul kemudian disalurkan ke posko pengungsian korban bencana alam di Desa Somang, Kecamatan Sajira.

“Kami menyatakan turut berduka cita atas musibah yang menimpa saudara kita di Kabupaten Lebak. Semoga masyarakat di daerah terdampak dapat segera pulih dan menjalani aktivitas dengan normal,” harapnya

Untuk mencapai lokasi tujuan, tim relawan harus menyebrangi sungai akibat akses jembatan yang terputus. Tim relawan menyebrang dibantu oleh perahu karet milik BNPB yang ditarik menggunakan tali.

Maskot KPU Cilegon

Selain membagikan bantuan, tim relawan juga membantu masyarakat dengan membersihkan bekas material yang tertinggal di rumah warga dan tempat-tempat ibadah.

Sementara itu Ketua Umum PW PII Banten Hendrik menuturkan bahwa di Desa Somang sendiri, sisa banjir meninggalkan lumpur yang mencapai ketinggian lutut orang dewasa.

“Selain itu terdapat juga sampah-sampah yang tertinggal seperti ranting pohon, botol plastik, hingga pecahan kaca. Banyak warga yang mengungsi akibat rumahnya mengalami kerusakan, dan belum kembali ke tempatnya masing-masing,” ujarnya.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, PII Banten akan mendirikan posko dan dapur umum di lokasi pengungsian.

“Dan untuk tindak lanjut kegiatan ini PII Banten akan mendirikan dapur umum di lokasi pengungsian,” tutupnya.

Kordinator pelaksana, Gilang Januar mengatakan bahwa bantuan yang diberikan oleh warga Banjar Agung dan sekitarnya kemudian disalurkan dalam bentuk logistik seperti beras, indomie, sarden, karpet, susu dan perlengkapan bayi.

“Bantuan diserahkan kepada pihak posko melalui tim relawan gabungan Karang Taruna Haluan Baru dan PII Wilayah Banten,” ujarnya. (*/Taal)

Gerindra Banten Idul Adha
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien