Menuju Masa Depan Media Digital, Narasumber LMS 2023 Beberkan Tantangan dan Strategi Bisnis

pcm koperasi

 

JAKARTA – Dalam era pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, terutama di era digital, pergeseran dari dunia nyata ke dunia maya semakin menjadi tren.

Era ini membawa dampak signifikan pada hubungan antar manusia, menghapus batasan jarak dan waktu.

Untuk dunia jurnalisme dan bisnis media, tantangan semakin kompleks seiring dengan berkembangnya teknologi.

Hal itu dikatakan oleh Janoe Arijanto, VP Dentsu Indonesia ketika menjadi narasumber di Local Media Summit 2023 pada Rabu (11/10/2023).

Arijanto menekankan bahwa media harus semakin kreatif menghadapi aturan-aturan baru dari Google dan pemerintahan. Dalam Local Media Summit 2023, Arijanto membagikan sepuluh langkah strategis yang harus diambil oleh bisnis media:

1. Belanja iklan di dua mega platform di atas 70 persen.
2. Kampanye konten pendek untuk jangka pendek.
3. Pemasaran influencer dan ekonomi influencer.
4. Monetisasi streaming langsung.
5. Platform hiburan dan video pendek.
6. Perdagangan elektronik dan optimasi perdagangan sosial.
7. Tanggung jawab sosial sebagai kampanye prioritas.
8. Konten untuk perdagangan dan pemasaran afiliasi.
9. Data Pihak Pertama.
10. Personalisasi hiper atau bentuk pendekatan.

Menurut Arijanto, data tersebut memberikan wawasan mendalam tentang perilaku dan preferensi pembaca, memungkinkan personalisasi konten yang lebih baik.

Loading...

Dia juga menyoroti pentingnya pendekatan berbasis data dan teknologi untuk menyajikan konten yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Namun, Arijanto mengakui bahwa tantangan di jurnalisme dan bisnis media akan semakin sulit.

“Ketergantungan pada platform media, pengendalian data audiens oleh platform teknologi, dilema SEO, dan penurunan posisi tawar penerbit adalah beberapa tantangan yang dihadapi industri ini,” jelas VP Dentsu Indonesia, Janoe Arijanto.

Sementara itu, narasumber kedua untuk Learning Session “Media Advertising Landscape”, Ilona Juwita, CEO dan Co-Founder ProPS, menambahkan bahwa banyak media mengalami penurunan pendapatan melalui Google, mencapai 40 hingga 60 persen.

BPRS CM tabungan

Strategi konten yang sesuai dengan kebijakan Google, distribusi efektif, dan optimisme dianggap oleh Ilona sebagai kunci untuk meminimalisir dampak negatif tersebut.

Namun, Ilona juga menyoroti pentingnya pemahaman atas standar pemasangan agar konten tidak terhambat atau tertutup oleh iklan.

Dia menekankan bahwa kecepatan server juga sangat berpengaruh pada daya saing, dengan tiga detik pertama menjadi krusial saat membuka halaman.

Perbaikan pada pengeluaran dan pemahaman tentang pemasangan server dianggap sebagai langkah krusial untuk meningkatkan daya saing dalam industri yang terus berubah,” jelas Ilona. (*/Hery)

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien