Pria yang Mengaku Tuhan dan Menyebarkan Agama Baru, Mengidap Skizofrenia

JAKARTA – Seorang dosen bernama Sabar Nababan mengaku sebagai tuhan dan mendirikan Agama Angkasa Nauli. Polisi menyebut Sabar menderita skizofrenia.

Kapolres Mataram AKBP Muhammad menjelaskan, Sabar dinyatakan pihak rumah sakit sebagai pengidap gangguan jiwa.

“Kita mendapatkan surat dari Rumah Sakit Jiwa Provinsi NTB, yang isinya bahwa yang bersangkutan mengidap skizofrenia sejak 2015,” kata Muhammad, Selasa (21/3/2017).

Schizophrenia (skizofrenia) merupakan sebuah penyakit mental dan menyerang otak manusia.

Benarkah skizofrenia berkaitan dengan aksi Sabar?

Skizofrenia merupakan penyakit otak kronis, berbahaya, dan ketidakmampuan otak dalam bekerja dengan baik. Dikutip dari berbagai sumber, Selasa (21/3/2017), orang dengan skizofrenia biasanya merasa mendengar bisikan atau suara-suara yang tak didengar orang lain.

Ks nu

Pada tingkat tertentu bahkan ada yang merasa orang lain bisa membaca hingga mengontrol pikiran mereka. Akibatnya, mereka jadi cenderung pendiam dan takut.

Penyebab skizofrenia masih belum jelas, tetapi tak sedikit pendapat yang menghubungkannya dengan faktor keturunan atau kekerabatan. Meski demikian, sebetulnya setiap orang berpotensi mengidap penyakit ini sebesar 1%.

Situs resmi Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, ncbi.nlm.nih.gov, melansir bahwa di Swiss ada penelitian yang mengaitkan skizofrenia dengan kehidupan beragama seseorang. Satu hingga tiga pasien skizofrenia terlibat dalam komunitas agama tertentu.

Penelitian lain yang dirilis pada 2004 oleh Mohr S dan Huguluet P dari Universitas Hopitaux, Jenewa, tentang praktik keagamaan pasien psikiater di sejumlah negara Eropa dan Amerika Utara menyebutkan sekitar 91% pasien skizofrenia dilaporkan terlibat dalam aktivitas spiritual dan keagamaan tertentu. Sebanyak 68% dilaporkan berpartisipasi dalam aktivitas keagamaan di publik.

Sementara itu, penelitian lain juga menyebutkan pendekatan agama juga bisa untuk menyembuhkan orang dengan skizofrenia.

Dikutip dari schizophrenia.com, sebetulnya pengidap skizofrenia tak melulu berperilaku menyimpang. Bahkan di antara mereka ada pula yang jenius hingga kreatif. Mereka diantaranya matematikawan John Forbes Nash, musisi jazz Tom Harrel, anak Albert Einstein, dan istri Presiden AS ke-16 Abraham Lincoln. (*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: detik.com

Cibeber nu