PWI Bentuk Tim Pencari Fakta Kasus Kematian Wartawan Yusuf

Plt Ketua Umum PWI Pusat, Sasongko Tedjo / Dok

FAKTA BANTEN – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat akan membentuk Tim Pencari Fakta (TPF) untuk menggali lebih jauh tentang kejadian apa sebenarnya di balik kematian wartawan Muhammad Yusuf, saat ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Plt Ketua Umum PWI Pusat, Sasongko Tedjo mengatakan, TPF akan dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat Ilham Bintang, dan akan mencermati terus perkembangan kasus kematian Muhammad Yusuf, wartawan Kemajuan Rakyat saat ditahan di jeruji.

Kartini dprd serang

Menurut Sasongko, Tim yang akan mulai diterjunkan setelah lebaran ini akan bertugas mengumpulkan dan memverifikasi informasi terkait dengan proses penangkapan dan penahanan Muhammad Yusuf. Apakah telah dilakukan sesuai dengan prosedur yang baku dan apakah telah mempertimbangkan aspek-aspek kemanusiaan.

TPF PWI Pusat juga akan meneliti apakah prinsip penanganan sengketa pers telah diperhatikan, berkaitan dengan posisi Yusuf sebagai wartawan di sebuah media.

“TPF PWI Pusat akan melakukan pencarian fakta secara langsung dan akan berkoordinasi dengan Kepolisian, Dewan Pers, keluarga almarhum, dan media tempat Yusuf bekerja,” tegas Sasongko Tedjo. (*/Red)

Polda