Yusril Tegaskan PBB Akan Beri Dukungan ke Salah Satu Capres

JAKARTA – Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra menegaskan bahwa partai politik yang ia pimpin tidak mungkin hanya menunjukkan sikap netral di Pemilihan Presiden 2019.

Yusril menyampaikan bahwa PBB akan segera mendeklarasikan dukungannya kepada salah satu pasangan capres-cawapres.

“PBB pasti akan memberikan dukungan ke salah satu pasangan calon,” ujar Yusril dalam keterangan yang diterima VIVA pada Selasa, (15/1/2019).

Menurut Yusril, PBB akan melakukan deklarasi segera setelah penentuan sikap di akhir Januari. “Pasangan mana yang akan didukung, akan diputuskan akhir Januari 2019,” ujar Yusril.

Sankyu ks

Selain itu, mantan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia ini menegaskan, sejumlah deklarasi kecil yang dilakukan para caleg PBB untuk mendukung salah satu paslon, sekadar inisiatif mandiri mereka. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PBB tidak mempersoalkan karena maklum dinamika internal terkait sikap politik di tubuh PBB pasti ada.

“DPP PBB selama ini mendiamkan saja deklarasi-deklarasi itu karena menghormati dinamika dan perbedaan di dalam partai. Yang penting jangan salah menyalahkan apalagi sampai menjelekkan satu sama lain,” ujar Yusril.

Meski demikian, Yusril menekankan, sikap resmi PBB baru akan dideklarasikan akhir bulan nanti. Setelah deklarasi resmi, seluruh kader tentu harus pula memiliki sikap yang sama.

“PBB adalah partai berdaulat yang langkah politiknya tidak bisa dipaksakan dari luar struktur partai. Semua anggota partai dituntut untuk menaati keputusan partai,” ujar Yusril. (*/Viva)