Mari Sambut Ramadhan Dengan Riang Gembira

Oleh: Taufik Hidayatullah

FAKTA – Ramadhan bulan penuh ampunan dan rahmah bagi seluruh ummat manusia dengan segala kebaikan didalamnya.

Kegiatan apapun didalam bulan suci Ramadhan tentunya mengandung kebaikan, waktu demi waktu, hari demi hari mestinya patut kita isi dengan ritme kekhusyuan dan rasa syukur kepada Tuhan yang maha Esa atas rahmat dan kasih sayangnya.

Bertemunya kita dengan bulan mulia ini tentunya merupakan anugerah dari Tuhan yang maha kuasa atas izinnya lah kita mampu berdiri dan beranjak menuju kebaikan demi kebaikan.

Berangkat dari sholat, mengaji hingga sholat Tarawih di malam harinya. Nikmat yang sedemikian besarnya jangan sampai kita sia-siakan dengan hal-hal yang berbau keburukan hingga kedurjanaan seperti halnya mencuri, menipu hingga mengambil hak orang lain.

Kartini dprd serang

Didalam bulan suci Ramadhan dunia pertelevisian pun beranjak menuju kepada siaran yang berbau keagamaan hingga tontonan yang jadi tuntunan.
Bergembiralah ummat beriman, bergembiralah ummat Rasulullah SAW dan bergembiralah seluruh ummat manusia.

Datangnya bulan suci Ramadhan dengan dilipatgandakannya pahala kebajikan. Manusia berdahaga dan kehausan selama terik matahari itu menyingsing di atas, lantas tak membuat yang beriman lantas menyerah akan keadaan.

Berpuasa memberikan ibrah yang amat luar biasa dengannya lah kita mampu merasakan bagaimana rasa la[ar dan haus sehingga kita tidak tutup mata akan saudara-saudara kita yang kelaparan diluar sana.

Tarbiyatul Assoum nampaknya istilah inilah yang penting untuk dikaji, pendidikan bulan ramadhan mampu membekas pasca ramdahan pergi, ya itulah tujuan utamanya. Hal yang kita rasakan di bulan suci itu, membekas dalam keseharian, mulai dari rasa empati kepedulian terhadap sesama hingga tindak tanduk kejujuran yang mesti ditumbuhkan.

Urusan berpuasa hanya Tuhan dan pelakunya yang mengetahuinya. Lantas apakah koruptor tidak berpuasa, wallahualam hanya Tuhan yang mengetahuinya.

Di sini penulis hanya mengkisahkan dampak efek berpuasa bagi yang menjalaninya dengan menghadirkan rasa keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha Esa. Wallahua’lam

Polda