Surat Untuk Mendikbud Dari Penulis Kampung

Loading...

Oleh: Taufik Hidayatullah

Pramuka sebagai bentuk wujud pendidikan karakter diluar sekolah yang bersifat Non-formal memiliki efektifitas yang cukup berefek dari segi mentalitas serta leadership para peserta didik.

Kaitannya dengan hal tersebut baiknya agar supaya Pramuka yang bersifat ekstrakulikuler dapat memberikan sedikit bagiannya yang transendental bagi berjalannya kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal tersebut dapat menjadikan ruh bangsa Indonesia hidup ditengah tengah kegiatan pramuka, bagaimana tidak kedisiplinan, tanggung jawab, mentalitas pun misalnya dapat sedikitnya terwujud dalam pramuka.

Hal lainya seperti tanggung jawab dalam menjalankan roda kegiatan di perkemahan misalnya dapat terwujud serta terbentuk secara tidak sadar bagi peserta didik.

PCM

Tak hanya itu, kekompakan dalam memecahkan masalah pun dapat tumbuh di kegiatan pramuka.

Penulis menyebutkan sederet efek positif kegiatan pramuka di atas pun atas dasar pengalaman yang penulis alaminya sendiri pada saat mengikuti perkemahan semasa berstatus peserta didik hingga terlibatnya penulis dalam kegiatan kepramukaan membersamai para peserta didik semasa menjadi guru di sekolah.

Sehingga penulis merasa baiknya kegiatan pramuka agar mampu terus eksis dengan segala eksistensinya di Republik Indonesia dengan segala kelebihan serta kekurangannya.

Tentunya, mas menteri dalam hal ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dapat terus mengawal eksistensi dunia kepramukaan dengan terlibat langsung dalam kegiatan ini agar supaya rasa serta manfaatnya dapat dirasakan sendiri oleh Mas Menteri bagi dunia pendidikan di republik tercinta ini.

Penulis hanya merasa sedikit cemas jikalau Pramuka ini menghilang begitu saja tanpa alasan yang urgent sehingga karakter serta budi pekerti peserta didik setidaknya sedikitnya bisa tumbuh dan menggema dari dalam dunia kepramukaan. Terima Kasih. ***

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien