Ks pwi

Bubur Sop, Panganan Murah Khas Pandeglang yang Menyegarkan

Pemprov

PANDEGLANG – Bagi kawan yang tinggal sekitar Kecamatan Labuan dan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten mungkin tidak asing dengan panganan yang banyak dijajakan pedagang di kampung-kampung dua kecamatan tersebut.

Bubur Sop adalah panganan yang terbuat dari nasi dengan tambahan bumbu serta sayuran sop berupa kol, wortel, kacang panjang toge dan yang paling penting adalah pucuk daun atau melinjo.

Namun bubur sop dibuat tidak seperti membuat bubur biasa, nasi pada panganan yang biasanya disajikan dengan tahu kuning dan pilus cikur (kencur) ini lebih encer dan didominasi air kuah.

Menurut salah satu pedagang yang terkenal di Kecamatan Carita, bubur sop dibuat bukan untuk makanan utama, namun makanan yang biasa dijajakan dengan harga Rp 2 ribu ini hanya untuk menyegarkan dan pengganjal perut sebelum makan siang.

“Biasanya​ makan bubur sop itu saat tangange (Jam sebelum Dhuhur-red),” ujar Kayah, pedagang bubur sop di Kampung Kadongdong Kecamatan Carita, Minggu (7/5/2017).

Selain menggunakan racikan bumbu sop biasa seperti merica dan bawang putih, bubur sop juga mesti disajikan dengan tambahan rasa dari air rebusan ikan (pindang) dan bawang merah goreng yang dicampur terasi.

Bagaimana menggiurkan gak kawan fakta? Boleh dicoba kalau kawan mau membuat sendiri … Fakta Banten punya resep nya neh.

Pertama-tama siapkan bahan dan Bumbu nya.

(Untuk 8 Mangkok)

Bahan;

1. Sayur Kol, Kacang Panjang, Toge dan Kol

2. Pucuk Daun Melinjo (direbus terlebih dahulu)

3. Setengah mangkok Nasi putih

Bumbu;

1. 1 Sdt. Merica Bubuk atau sesuai selera

Maulid

2. 4 Siung Bawang putih halus

3. 5 Siung Bawang Merah

6. Terasi

7. Msg

8. Minyak Goreng

10. 9 Mangkok Air Putih

11. Air Pindang (usahakan pindang yang digunakan dari ikan tongkol)

Cara membuat;

Didihkan air dan masukan bawang putih serta merica yang telah dihaluskan. Setelah bumbu tercium wanginya masukan nasi kedalam rebusan air tersebut.

Setelah itu masukan garam dan penyedap rasa (Msg), jangan terlalu terasa asin.

Setelah dirasa matang ditandai dengan nasi yang terlihat dari permukaan air yang mendidih, bubur sop siap disajikan.

Cara penyajian;

Masukan semua sayuran yang telah dicuci dan dipotong kedalam mangkuk.

Setelah itu masukan bubur ke mangkuk yang berisi sayuran tersebut, tambahkan bawang yang digoreng dengan terasi sesuai selera dan tambahkan air pindang untuk penyedap rasa.

Selamat menikmati kawan … (*)