Hasil Akhir MTQ Provinsi Banten, Kafilah Pandeglang Posisi Kelima

 

PANDEGLANG – Kabupaten Pandeglang berada di peringkat lima dalam acara MTQ Provinsi Banten, dengan perolehan medali emas empat (20 poin), perak enam (18 poin), perunggu sebelas (11 poin) dengan total poin 49.

Sementara peringkat keseluruhan provinsi Banten, peringkat satu Kabupaten Tangerang, kedua Kabupaten Serang, ketiga Kota Tangerang Selatan, keempat Kota Serang, Kelima Kabupaten Pandeglang, ke enam Kabupaten Lebak, terakhir Kota Cilegon.

Ketua Lembaga Pembinaan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Pandeglang Andist Muntaha mengatakan memang Pandeglang mengalami penurunan peringkat dari tahun sebelumnya dari peringkat tiga menjadi kelima.

Sankyu ks

Ada beberapa hal yang membuat performa khilafah Pandeglang di MTQ tahun ini, tidak ada MTQ Tingkat Kabupaten sebagai media rekrutmen calon peserta, pembinaan (training center) peserta sangat terbatas, banyaknya peserta yang menderita sakit pada saat pelaksanaan MTQ.

“Yang tidak kalah penting dari semua itu adalah anjloknya nilai hibah tahun 2022 yang hanya Rp1,075 miliar. Kalau tahun sebelumnya pernah memperoleh Rp4 miliar,” ujarnya.

Lanjut, dengan peraihan peringkat kelima ke depan Pandeglang akan terus berbenah untuk bagimana caranya Pandeglang bisa terus melakukan inovasi dalam pembinaan para khafilah.

“Ke depan kita akan lakukan evaluasi untuk bagimana caranya menjadi yang baik dan terbaik dari daerah lain,” pungkasnya. (*/Gus)