Hujan Deras, Rumah Warga Pulosari Terdampak Longsor

Loading...

 

PANDEGLANG –  Satu unit rumah permanen terdampak longsor sekitar pukul 15.00 WIB, tepatnya di Kampung Kadu Walang RT 002/RW 002, Desa Kaduhejo, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang.

“Peristiwa longsor tersebut terjadi pada saat hujan deras dan pondasi bagian rumah Rohani (63) pada awalnya sudah mengalami keretakan, sehingga tidak kuat menahan aliran air sungai Cilograng,” kata Aan Dimyati Anggota Kampung Siaga Bencana (KSB) Pulosari. Senin, (22/4/2024).

Lanjut anggota KSB Pulosari menyampaikan rumah milik Rohani (63), yang terkena dampak longsor dikarenakan pada bagian pondasi tembok sebelah kiri yang diakibatkan aliran air sungai Cilograng saat hujan deras.

“Sebelum terjadi longsor, kondisi tembok rumah tersebut sudah dalam kondisi retak dan sedang dilakukan renovasi pada bagian atap rumah,” ujarnya.

Selain itu, atas peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, namun pemilik rumah mengalami kerugian materi diperkirakan sekitar Rp110.000.000.

PCM

Saat ini rumah yang terdampak longsor sudah diberi tanda berupa police line atau garis pembatas oleh pihak kepolisan.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materi dikarenakan tembok pondasi serta bagian lantai rumahnya mengalami kerusakan akibat longsor, pada peristiwa tersebut kami juga sudah melakukan koordinasi kepada Pemerintahan Desa Kaduhejo, Muspika Pulosari dan KSB Pandeglang serta para pihak lainnya,” terangnya.

Tidak hanya itu, anggota KSB Pulosari telah memberikan bantuan respon cepat dari lumbung sosial yang sudah dipersiapkan, setelah dilakukan pendataan terdampak, berupa paket sembako perlengkapan paket sandang dan lainnya,

“Anggota KSB Pulosari beserta Muspika melakukan pendataan dan Assessment untuk diteruskan ke Dinas Sosial (Dinsos) Pandeglang maupun Provinsi, namun untuk bantuan yang telah diberikan untuk memperingan beban bagi warga yang terkena dampak longsor, bahwa kejadian tersebut sudah dilakukan koordinasi dengan para pihak,” terangnya.

Sementara itu, Camat Pulosari Gimas Rahadyan menyampaikan sudah dilakukan peninjauan ke lokasi kejadian longsor tersebut bersama KSB Pulosari, Polsek, dan para pihak untuk melakukan pengondisian bantuan sementara dari lumbung sosial Pulosari.

“Kita sudah turunkan tim dari KSB Pulosari bersama Muspika, kejadian tersebut akan disampaikan ke Dinas Sosial (Dinsos) Pandeglang maupun Provinsi Banten, dalam bentuk proposal sebagai usulan penanganan bantuan,” ungkapnya. (*/Riel)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien