Sidak, Tanto Temukan Kepala Puskesmas Cadasari Tidak Masuk

PANDEGLANG – Dihari pertama kerja, Wakil Bupati Pandeglang, tanto Warsono Arban lakukan inspeksi Mendadak ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah yang ada di kabupaten Pandeglang. Senin, (3/7). Dalam Sidak perdananya wakil Bupati Pandeglang menemukan adanya ketidakhadiran kepala Puskesmas Cadasari, Dr Joko tidak masuk, dengan alasan mobilnya mogok di tol Cikampek saat hendak pulang menuju Pandeglang sehabis mudik di Jawa tengah.

Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban menuturkan bahwa Sidak yang dilakukan pihaknya adalah untuk mengetahui kepatuhan para ASN yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pandeglang terhadap Surat Edaran dari Bupati Pandeglang tentang larangan penambahan cuti paska libur lebaran.

“Ini adalah Sebuah “Test Case” maka dalam Sidak ini Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang, tidak memberitahu sebelumnya ke pada para OPD dan terlihat tidak ada persiapannya,” Ujarnya.

Dalam Sidak pertamanya di UPT Puskesmas Cadasari, Tanto mendapati kepala UPT Cadasari tidak masuk kerja dengan alasan mobil yang dikendarainya mogok di jalan.

“Pada Saat kami masuk (SIDAK) kepala UPTnya tidak ada di tempat dan alasannya mobilnya mogok dijalan” paparnya.

Tidak percaya begitu saja dengan alasan Kepala UPT Puskesmas tentang ketidakhadirannya, Tanto Warsono Arban meminta kepada Badan Kepegawaian Daerah Pandeglang untuk mengkroscek kebenaran alasan ketidakhadiran kepala UPT Kesehatan tersebut.

Sankyu ks

“Tapi ini kan (alasan) yang harus di kroscek kebenarannya” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Pandeglang, Agus Riyanto menerangkan, sidak kali ini akan difokuskan terhadap ASN yang bolos tanpa keterangan. BKD akan memberi pembinaan bagi ASN yang diketahui tidak masuk kerja. Bahkan dirinya menegaskan akan memberi sanksi tegas bagi ASN yang kembali tidak hadir seperti tahun lalu.

“Ini kan untuk melihat kehadiran teman-teman ASN. Tetapi kami fokus untuk sidak ASN yang tidak hadir tanpa ketetangan, ditemukan ASN yang bolos seperti tahun lalu, kami akan jatuhi hukuman disiplin,” tegasnya.

Terpisah, Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang membenarkan bahwa di hari pertama kerja setelah libur lebaran kepala UPT Puskesmas Cadasari tidak hadir atau tidak masuk kerja dengan alasan mobil yang dikendarainya mogok di tol Cikampek saat hendak menuju Pandeglang setelah mudik di kampung halamannya di Jawa tengah.

“Dr. Joko, Kemarin pulang kampung ke Jawa tengah, dan semalam mobilnya rusak di tol Cikampek sehingga sampai tadi pagi belum nyampe Pandeglang” katanya melalui pesan singkatnya.

Indah menambahkan bahwa alasan ketidakhadiran kepala UPT Puskesmas tersebut sudah di koordinasikan kepada Asisten Daerah bidang pemerintahan,” tegasnya. (*)