Peringati HUT RI Ke 76, KKM UNIVAL 8 Pilih Berziarah di Makam Pahlawan Brigjend KH Syam’un

CILEGON – Beragam cara dilakukan untuk memperingati semarak hari kemerdekaan Indonesia, dengan upacara, karnaval dan berbagai macam perlombaan, namu ada juga yang memilih untuk berziarah ke makam pahlawan.

Salah satunya mahasiswa Universitas Al- Khairiyah Fakultas Agama Islam (proses penggabungan), yang tergabung dalam KKM Kelompok 8, memilih merayakan semarak kemerdekaan dengan berziarah ke makam pahlawan dan juga pendiri Al-Khairiyah, Brigjend KH Syam’un di Kamasan, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Jumat (20/8/2021).

“Ini salah satu agenda dari kegiatan KKM kelompok 8, bertujuan untuk menghormati sosok ulama dan militer yang menjadi kebanggaan masyarakat Banten, dan bisa menjadi tauladan bagi mahasiswa atau pemuda yang sedang berjuang dalam meniti masa depan,” kata Dosen Pembimbing Lapangan, Aan Kudrotulloh kepada Fakta Banten

Aan juga mengajak kepada khususnya seluruh mahasiswa Al- Khairiyah untuk bisa menghargai jasa-jasa perjuangan dan pengorbanan Brigjend KH Syam’un dengan datang dan mendo’akannya.

“KH Syam’un adalah seorang ulama yang mempunyai jiwa militer, yang harus kita tauladani semangat keberaniannya dalam menegakkan kebenaran,” terangnya.

Hadir dalam kesempatan yang sama, salah satu mahasiswa KKM kelompok 8, Hidayatullah mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai rasa syukur kepada Allah SWT dan mendoakan pahlawan yang sudah berjuang merebut kemerdekaan.

“Di momen kemerdekaan ini, kita bangun semangat muda dengan tidak melupakan jasa jasa pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan, tanpa itu mungkin kita tidak bisa merayakannya sekarang,” kata Hidayatullah.

Menurutnya banyak hikmah yang diambil dari riwayat hidup perjuangan Brigjen KH Syamun, dan ia berharap kepada pemuda agar dapat memiliki semangat perjuangan untuk berperan dalam pembangunan bangsa Indonesia. (*/Ihsan)