Di Rakerda PAN Cilegon, Dewan Masduki Sebut Nasib Tenaga Kerja Lokal Jadi Isu Terpanas

CILEGON – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Cilegon akan menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di salah satu hotel di Anyer pada 30 Oktober 2021 mendatang, dalam rakerda tersebut dikabarkan akan mengangkat isu isu menarik seputar langkah langkah untuk menyikapi Pemerintahan Kota Cilegon saat ini dan ke depannya.

Salah satu hal yang paling menarik selain akan ditentukannya langkah PAN untuk bermitra atau tidaknya ke Pemerintahan Helldy-Sanuji, PAN juga mengangkat isu panas terkait kedudukan tenaga kerja lokal dan pengangguran yang tidak sepadan dengan investasi di Cilegon.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris DPD PAN Kota Cilegon Masduki, ia pun menuturkan bahwa PAN terlahir dari situasi reformasi dengan platform partainya pro terhadap rakyat, programnya jelas untuk meningkatkan SDM yang ada baik Skill maupun Unskill.

“Hari ini jujur harus saya sampaikan bahwa kita sedang mengalami kesedihan, kita cenderung hari ini menyoroti investasi sebegitu besarnya masuk ke Cilegon, tapi tidak berbanding lurus dengan penyerapan tenaga kerja yang ada, ini pasti ada sesuatu sistem yang salah, ini yang harus kita diskusikan,” kata Masduki di Sekretariat DPD PAN Cilegon, Rabu (27/10/2021).

Masduki menuturkan jika investasi masuk ke Cilegon maka otomatis seharusnya pengangguran tidak meningkat harusnya terserap, ia menilai itu adalah hal terbalik tidak menguntungkan masyarakat dan ia menganggap ada suatu kelemahan yang akan dijadikan pelajaran bagi PAN ke depan.

“Bukan berarti diam hari ini tidak memperhatikan, tapi sejauh ini kita selalu melihat kerja eksekutif dan perangkat perangkatnya, terutama OPD yang masih ada kelemahan kelemahan, makanya PAN ke depan akan membentuk program kerja yang mendorong solusi masalah pelik tersebut,” kata Anggota Komisi II DPRD Cilegon.

Masduki mengharapkan kepada OPD terkait hal hal yang menyangkut investasi dan tenaga kerja harus melibatkan seluruh elemen masyarakat Cilegon dan menginventarisir seluruh kegiatan kegiatan yang dilakukan jika pengangguran ingin berkurang.

“Kita sedang mengupayakan Perda Perlindungan Tenaga kerja Lokal karena PAN fokus kesitu, kalau kita fokus ke sana InsyaAllah kemiskinan akan berkurang, kesenjangan sosial juga akan berkurang, dengan orang bekerja anak putus sekolah pun berkurang, karena mereka diberikan kesempatan bekerja,” pungkasnya. (*/Ihsan)