DPD Demokrat Banten Akan Gelar Musda, Iti Jayabaya Bersaing dengan Yoyon Sujana?

SERANG – Musyawarah Daerah (Musda) DPD Partai Demokrat Banten direncanakan berlangsung pada 08 Oktober 2021 mendatang.

Dari informasi yang beredar di kalangan internal, sementara ini tercatat ada dua tokoh yang akan ikut pencalonan memperebutkan jabatan ketua, yakni Iti Octavia Jayabaya, selaku incumbent, dan Yoyon Sujana, Ketua DPC Demokrat Kabupaten Pandeglang.

“Insha Allah kalau dipercaya kembali, saya akan maju. Semua kader Demokrat, memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam Musda, termasuk mencalonkan diri,” kata Ketua DPD Demokrat Banten, Iti Octavia Jayabaya, dalam siaran persnya, Sabtu (25/9/2021).

Iti Jayabaya yang juga Bupati Lebak ini mengaku tidak melarang kader Demokrat di setiap tingkatan berkontestasi dalam pemilihan ketua DPD Demokrat Banten, asalkan memenuhi syarat sesuai AD/ART partai.

Dia bersama pengurus telah merencanakan Musda digelar pada bulan Oktober 2021 mendatang, namun masih menunggu arahan dari DPP Demokrat.

“Kita maunya bulan oktober mendatang, tetapi kita masih menunggu arahan dari DPP bagaimana. Semua kader Demokrat punya hak mencalonkan diri,” ujar Bu Iti.

Di sisi lain, Yoyon Sujana, Ketua DPC Demokrat Kabupaten Pandeglang nampaknya sudah mulai aktif melakukan konsolidasi dukungan dari Pengurus tingkat DPC kabupaten/kota, sebagai pemilik suara.

Hal itu setidaknya terungkap dari video yang beredar baru-baru ini. Yoyon mengaku telah mengantongi dukungan dari 5 pengurus DPC dan siap berkontestasi dengan incumbent, Iti Octavia Jayabaya.

Menurut seorang sumber, 5 DPC Partai Demokrat Kabupaten/Kota yang mendukung Yoyon dalam Musda kali ini, yaitu DPC Demokrat Kota Cilegon, DPC Kabupaten Pandeglang, DPC Kota Tangsel, DPC Kota Serang, dan DPC Kota Tangerang.

Namun saat dikonfirmasi, Yoyon masih enggan berkomentar banyak mengenai pencalonannya tersebut.

“Insha Allah (nyalon),” kata Yoyon Sujana, yang juga anggota DPRD Banten ini. (*/Rizal)