16 Tahun Mangkrak, Akhirnya Interchange Cikande Resmi Beroperasi

DPRD Cilegon Idul Adha

SERANG – Simpang Susun Cikande, Jalan Tol Tangerang-Merak diresmikan hari ini, Rabu (2/5/2018) dan bakal dioperasikan mulai besok. Sejatinya, pengoperasian jalan ini bisa dibilang sangat dinanti, mengingat proses pembangunan lama sekali, yaitu mencapai 16 tahun.

Andika Hazrumy, Wakil Gubernur Provinsi Banten menyampaikan, proses rencana pembangunan Simpang Susun Cikande sudah diinisiasi sejak tahun 2002. Pada saat itu, yang menginisiasi adalah Gubernur Provinis Banten, Ratu Atut Chosiyah yang merupakan ibunya.

DPRD Pandeglang Kurban

“Proses perencanaan sejak tahun 2002 lalu, Gubernur saat itu, Ratu Atut yang merencanakan. Sekarang, secara tidak disadari hari ini akan saya resmikan Simpang Susun Cikande,” ujarnya saat acara peresmian, Rabu.

Gerindra Banten Idul Adha

Ratu Tatu Chasanah, Bupati Serang menyampaikan, bahwa lamanya proses ini tak terlepas dari berbagai pemekaran yang terjadi. Mulai dari lepasnya wilayah Banten dari Provinsi Jawa Barat, hingga pemekaran wilayah Cilegon. Selain itu, masalah pembiayaan juga menjadi salah satu masalah lain.

Kpu

“50% pembiayaan itu dari Pemprov Banten dan pengusaha di Serang Timur,” tambahnya.

Saat ini dari sekitar Rp 60 miliar kewajiban pengusaha di Serang Timur, baru terkumpul sekitar Rp 9,3 miliar. Hal ini karena ketidakpercayaan pelaku usaha bahwa proyek ini akan terwujud, sehingga dirinya mengaku menambal 25% kekurangan dana dari dana APBD.

Dengan diresmikannya Simpang Susun Cikande ini dirinya berharap pengusaha bisa memenuhi komitmen dan janjinya. Menurutnya, setiap perusahaan di dekat proyek tersebut baik ring satu hingga ring tiga tentunya akan memberikan kontribusi pembiayaan yang berbeda.

“Kurang lebih Rp 240 miliar kebutuhan dananya mulai dari perencanaan kemudian pembangunan. Sebesar 50% dari Pemprov dan pengusaha, itu sudah saya sampaikan,” tambahnya.

Nantinya Simpang Susun Cikande akan menjadi bagian Jalan Tol Tangerang-Merak yang dioperasikan oleh PT Marga Mandalasakti (MMS). Simpang susun ini akan mengurai kemacetan di wilayah Industri Cikande dan akan membantu pengusaha di wilayah tersebut untuk menjangkau jalan tol. (*/Kontan)

Golkar Banten Idul Adha
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien