Zona Inspirasi Batalyon 12 Grup 1 Kopassus Ternyata Bisa Dipakai Publik

 

SERANG – Salah satu tempat ngopi yang ada di kawasan Grup 1 Komando Pasukan Khusus (Kopassus), yaitu Zona Inspirasi Batalyon 12 yang pada Sabtu (21/01/2023) digunakan sebagai tempat diskusi bersama wartawan dan media se-Provinsi Banten ternyata bisa digunakan untuk fasilitas publik.

Fasilitas milik Kopassus yang memiliki view atau pemandangan bagus bernuansa seperti caffe-caffe bertemakan outdoor itu cocok digunakan untuk tempat bersantai dan menikmati suasana senja di sore hari.

Ariadi sebagai salah satu wartawan yang diundang pada acara Ngopi di Zona Inspirasi Batalyon 12 itu menilai tempat ini cocok untuk berdiskusi.

“Saya rasa tempatnya memang cocok untuk ruang-ruang berdiskusi, apalagi disediakan tempat duduk dan meja yang cocok untuk anak muda. Karena anak-anak jaman sekarang memang lebih suka ngopi apalagi di ruang terbuka seperti itu,” jelasnya kepada Fakta Banten.

Diketahui memang, Zona Inspirasi itu diperuntukkan untuk para prajurit bersantai bersama keluarga dan menikmati kopi yang ada.

Selain diperuntukkan bagi prajurit kopassus, Zona Inspirasi juga bisa digunakan bagi masyarakat atau publik yang ingin bersantai sambil berdiskusi.

Mayor Inf Andi Aziz Danyon 12 mengatakan Zona Inspirasi Batalyon 12 dapat digunakan untuk masyarakat umum, yang dimana di dalamnya terdapat caffe dan panggung hiburan yang bisa digunakan.

Ks nu

Namun, Andi Aziz menegaskan bahwa tempat tersebut tidak disewakan untuk masyarakat umum yang ingin menggelar event atau garden party.

“Zona Inspirasi Yon 12 adalah sarana prajurit untuk bersantai prajurit bersama keluarganya bang. Bukan untuk dikomersilkan, silakan aja kalo mau dipakai,” kata Mayor Inf Andi Aziz Danyon 12 Grup 1 Kopassus kepada Fakta Banten pada Sabtu (21/01/2023).

Kata Andi, apabila ada masyarakat yang ingin meminjam tempat untuk menggelar event atau apapun, lebih baik untuk memberikan surat pengajuan atau surat peminjaman terlebih dahulu, karena tempat tersebut tidak disewakan.

“Boleh atau tidaknya lebih baik bersurat resmi aja ke Dangrup. Selama ini sih tidak pernah buat event non militer, paling internal satuan aja,” jelasnya.

Ia menambahkan, semisal ada masyarakat yang ingin ngopi atau datang ke Zona Inspirasi Batalyon 12 itu harus berkomunikasi terlebih dahulu dengan pihak Kopassus dan mengikuti aturan yang ada.

“Nanti kontak aja kalau teman-teman pada mau ngopi. Biar saya siapkan. Karena ini pangkalan militer, ada SOP yang harus diikuti,” imbuhnya.

Letak Zona Inspirasi Batalyon 12 Group 1 Komando Pasukan Khusus itu terletak di dalam kawasan Grup 1 Kopassus, Taktakan, Kota Serang.

Perlu diketahui, salah satu syarat yang harus dipenuhi masyarakat untuk masuk ke dalam kawasan Kopassus adalah seperti harus memakai sepatu, helm apabila membawa kendaraan motor dan beberapa syarat lainnya. (*/Hery)

Cibeber nu